Om Epo Bukan Bupati, Dia . . .

Om Epo, demikian sapaan akrab warga ke sosok Bupati Pohuwato ini. Sebelum dan setelah kini Saipul A. Mbuinga menjabat Bupati Pohuwato, sapaan Om Epo  memang sudah ada.

Om Epo dikenal dekat dengan masyarakat, bahkan jauh sebelum dirinya duduk di kursi DPRD Pohuwato.

Karir politik Om Epo terbilang cemerlang. Bupati Pohuwato kelahiran 5 Agustus 1963 silam ini mengawali karir politiknya di Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN), sebagai ketua Dewan Pimpinan Wilayah (2007-2009).

Dia kemudian bergabung dengan Partai Gerindra dan terpilih menjadi Anggota DPRD Pohuwato, pada Pemilu tahun 2014.

Saat di Parlemen, Om Epo dipercayakan menjadi Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pohuwato 2 periode berturut-turut, yakni 2014—2019  dan 2019—2024.

Belum juga usai jabatan yang diembannya, Om Epo diserukan maju jadi Calon Bupati Pohuwato pada Pemilu tahun 2020. Dia pun membuktikan kualitasnya. Om Epo terpilih jadi Bupati Pohuwato untuk masa jabatan 2020-2024.

Masyarakat Pohuwato menyebut dia Bupati berhati malaikat. Menurut mereka, Saipul A. Mbuinga sosok pemimpin yang punya hati, cinta dan kelembutan.

“Om Epo itu bukan Bupati, kalau Saipul A. Mbuinga, itu baru Bupati. Beliau bertangan dingin, dan berhati lembut. Di mana dia dengar warganya sakit, dia pasti datang. Itulah Om Epo,” kata Hasanudin, warga Kecamatan Randangan.

Benar saja, sejak menjabat Bupati, Saipul A. Mbuinga acap kali mencuri perhatian publik. Tak terhitung jumlahnya, Saipul telah mendatangi warganya yang menderita sakit, bahkan mendampinginya berobat ke kuar daerah.

Om Epo memang bukan Bupati, yang tertera dalam SK Kemendagri sebagai Bupati Pohuwato adalah Saipul A. Mbuinga. (Erik Munandar)