Gunung Ruang Erupsi Lagi, Warga Diminta Waspada Potensi Tsunami

WARTANESIAGunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, masih berada di level IV atau awas.  Jumat (19/4/2024) sore. Gunung Ruang kembali erupsi.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM menyebut, kolom abu berwarna kelabu dengan intensitas tebal terpantau menuju arah selatan.

“Terjadi erupsi Gunung Ruang pada hari Jumat, 19 April 2024, pukul 17:06 WITA. Tinggi kolom letusan teramati kurang lebih 400 meter di atas puncak,” demikian keterangan di situs magma.esdm.go.id, Jumat (19/4/2024).

Masyarakat di sekitar Gunung Ruang diminta tetap waspada dan tidak memasuki wilayah di radius 6 kilometer dari pusat kawah aktif Gunung Ruang.

Tidak hanya itu, warga yang bermukim pada wilayah Pulau Tagulandang yang masuk dalam radius kilometer juga diminta segera dievakuasi ke tempat aman.

Masyarakat di Pulau Tagulandang, khususnya yang bermukim di dekat pantai juga diminta mewaspadai potensi lontaran batuan pijar, luruhan awan panas dan potensi tsunami yang disebabkan oleh runtuhan tubuh gunungapi ke dalam laut.

“Masyarakat dihimbau untuk selalu menggunakan masker, untuk menghindari paparan abu vulkanik yang dapat mengganggu sistem pernafasan,” ujar PVMBG.

Selain itu, Pemerintah Daerah, BPBD Provinsi dan Kabupaten juga diminta agar berkoordinasi dengan Pos Pengamatan Gunung Api Ruang, Desa Tulusan, Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara atau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Bandung. (**)