Viral! Orang Tua Belum Punya Uang, Siswi SMA di Maumere Dilarang Ikut Ujian

WARTANESIA – Kisah pilu dialami oleh seorang siswi bernama Dian. Pelajar SMA Negeri 2 Maumere, Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) ini dilarang ikut ujian karena memiliki tunggakan uang sekolah sebesar Rp50 ribu.

Video Dian yang diunggah di media sosial pun viral. “Duduk di luar sini kenapa?,” tanya perekam video dilihat Jumat (19/4/2024).

“Kendala uang sekolah mama, Rp50 ribu,” kata Dian menjawab.

Meski sudah berupaya melakukan komunikasi, pihak sekolah tetap kekeh tidak memperbolehkan Dian ikuti ujian sekolah.

“Sudah (sampaikan ke orang tua)  cuma mereka bilang uangnya belum ada. Mama bilang kalau bisa ikut ujian saja dulu, nanti baru ujian habis atau tidak besok lusa baru bisa kasih uang. Tapi mereka (pihak sekolah) bilang harus selesai lkan semua dulu baru bisa masuk sekolah,” jelas Dian dalm video.

Dikutip vivanews, Kepala Sekolah SMAN 2 Maumere, Benyamin Edi Da Silva mengaku terpaksa memulangkan sebanyak 30 siswa yang belum melunasi uang sekolah.

Selain itu, lanjut dia, puluhan siswa tersebut dipulangkan lantaran belum menyelesaikan karya tulis ilmiah yang ditugaskan kepada mereka sebagai syarat mengikuti ujian akhir.

“Ujian hari pertama itu banyak anak yang tidak mengikuti ujian karena terkendala administrasi yang terdiri dari keuangan dan tugas (karya ilmiah),” kata Benyamin. (Lan)