Prancis Pastikan Lolos ke Semifinal Piala Dunia Usai Laga Sengit Melawan Inggris

WARTANESIA – Prancis menjadi tim terakhir yang memastikan lolos ke babak semifinal Piala Dunia 2022 Qatar, setelah mengalahkan Inggris 2-1 di Stadion Al Bayt, Minggu (11/12/2022) pagi WIB.

Dengan demikian, Prancis mengikuti jejak tiga tim sebelumnya yang telah lolos, yakni Argentina, Kroasia, dan Maroko.

Prancis yang merupakan juara bertahan unggul berkat gol Aurelien Tchouameni dan Olivier Giroud. Sedangkan Inggris memperkecil keunggulan melalui tendangan penalti Harry Kane.

Les Bleus memastikan kemenangan 2-1 melalui sundulan Olivier Giroud di menit ke-78 setelah mendapat umpan silang matang dari Antoine Griezmann.

Ini menjadi gol keempat Giroud yang menyamai rekor Roger Milla sebagai pemain berusia 36 tahun yang mampu mencetak empat gol di Piala Dunia.

Inggris mendapat kesempatan menyamakan kedudukan setelah Hernandez melalui VAR dianggap melakukan pelanggaran kepada Mount di menit 81.

Namun tendangan eksekusi penalti kedua Kane melesat ke atas menjauh dari gawang yang dijaga Hugo Lloris di menit 83.

Di babak semi final nanti, Prancis akan menghadapi tim kuda hitam Maroko yang secara mengejutkan mampu menumbangkan Portugal. Pertandingan Prancis vs Maroko akan berlangsung pada Kamis (15/12/2022), di Stadion Al Bayt, Qatar. (rik)