Hapus Kutukan, Prancis Tim Pertama yang Lolos Babak 16 Besar Piala Dunia Qatar

WARTANESIA – Kesuksesan Prancis mengalahkan Denmark menghapus kutukan juara bertahan Piala Duniatak lolos fase grup, dan memastikan diri sebagai tim pertama yang lolos fase knoc out.

Prancis menang 2-1 atas Denmark sehingga kini mengantongi enam poin. Dengan jumlah poin tersebut Tim Ayam Jantan pun memastikan tiket ke babak 16 besar.

Langkah Prancis ke fase gugur menghapus bayang-bayang buruk mengenai juara bertahan Piala Dunia yang tak berkutik di fase grup dalam tiga edisi terakhir.

Cerita kelam juara Piala Dunia dimulai Italia. Perkasa di Jerman 2006, Gli Azzurri tak bisa lolos dari fase grup pada Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

Empat tahun berselang Spanyol yang berjaya di tanah Afrika harus menerima kenyataan tersingkir lebih awal di Brasil.

Jerman yang berpesta pada Piala Dunia 2014, tak bisa bicara banyak pada empat tahun lalu lantaran terhenti di fase grup.

Prancis juga sempat mengalami nasib nahas. Usai menjadi juara Piala Dunia 1998, skuad yang diperkuat Zinedine Zidane tak berkutik empat tahun berselang.

Kini Prancis berpeluang mempertahankan gelar Piala Dunia. Jika tampil sebagai juara grup, Prancis akan menghadapi runner up Grup C. Sementara jika menempati posisi kedua, Prancis bakal bertemu juara Grup C. (rik)