Usai Bayar Tali Asih, PT PETS Bakal Gagas Program Pemberdayaan Masyarakat

WARTANESIA – Usai pembayaran tali asih oleh PT PETS, perusahaan berencana menggagas sebuah program inovasi untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, maju dan sejahtera.

Program itupun disambut baik oleh Camat Buntulia, Irfan Lalu. Menurutnya, program itu dapat meningkatkan taraf hidup penambang lokal maupun masyarakat sekitar Pohuwato.

Hal itu diungkapkan Irfan saat hendak menjadi mediator antara PT PETS dan masyarakat penambang lokal. Mediasi itu berlangsung di Kantor Desa Taluduyunu Utara, Rabu (26/10/2022).

“Jadi program yang ditawarkan ini, tergantung masyarakat mau pilih yang mana. Progam itu diantaranya ada peternakan ayam kemudian yang kedua ada peternakan sapi, pokoknya usahanya seperti apa itu kemudian akan di support oleh perusahaan,” jelas Irfan.

“Program tersebut bukan hanya diserahkan begitu saja, namun juga ada pendampingan hingga pendampingan itu dicabut jika masyarakat sudah berhasil dengan program ini,” lanjutnya.

Irfan juga mengaku bahwa pihaknya akan membuka diri terhadap program-program perusahaan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kecamatan Buntulia.

“Jadi tinggal masyarakat yang mengelolah program ini, kalau untuk proposal lain sebagainya, kami pemerintah kecamatan dan desa siap untuk pasang badan dalam merealisasikan apa yang tertera dalam proposal itu,” pungkasnya. (rik)