Nasir Giasi Harap Perusahaan Lakukan Pembayaran Tali Asih dengan Cara yang Humanis

WARTANESIA – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Nasir Giasi, berharap pihak perusahaan dapat melakukan pembayaran tali asih terhadap pemilik lokasi tambang dengan cara yang humanis.

“Sebagaimana harapan kami negosiasi angka tali asih dilaksanakan secara berperikemanusiaan dan berkeadilan,” kata Nasir.

Hal tersebut disampaikan Nasir usai menghadiri sosialisasi tali asih yang digelar oleh PT Puncak Emas Tani Sejahtera (PETS), di Hotel Sunrise, Kecamatan Marisa, Kabupaten Pohuwato.

Menurut Nasir, apa yang dilakukan oleh pihak perusahaan merupakan langkah maju untuk menindaklanjuti rapat koordinasi yang digelar oleh Forkopimda Provinsi beberapa waktu yang lalu.

“Alhamdulillah hari ini penambang tidak seperti kita bayangkan, hari ini mereka cukup adem ayem dan dari perwakilan 15 titik lokasi semuanya diberikan kesempatan untuk berbicara,” ujar Nasir.

Nasir berharap percepatan pembayaran tali asih akan segera di laksanakan.  Sementara terkait harga yang akan dibayarkan akan dinegosiasikan sebagaimana penyampaian dari Direktur PT PETS, Boyke Abidin.

“Insya Allah ini akan berkeadilan, serta integritas masyarakat dan perusahaan terjaga. Pemerintah daerah telah mengucurkan bantuan kios bagi masyarakat sebesar 5 juta rupiah, tidak mungkin sama dengan tali asih yang dibawahi oleh perusahaan besar seperti GSM dan PETS,” tutur Nasir. (rik)