Batal Daring, Jokowi Tunda Resmikan Bandara Pohuwato

WARTANESIA – Peresmian Bandara Panua Pohuwato yang sedianya dilakukan hari ini, Selasa (26/3/2024) oleh Presiden Joko Widodo, ditunda. Penundaan peresmian yang dilakukan lewat video zoom atau daring ini disampaikan oleh Menteri Perhubungan RI.

Menurut Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, penundaan peresmian Bandara Panua Pohuwato karena direncanakan akan dilakukan peresmian tersendiri.

“Ia, pembatalan ini karena Bandara Panua Pohuwato akan diresmikan tersendiri, sehingga ini menjadi istimewa bagi kita khususnya Pemerintah Kabupaten Pohuwato, di mana Bandara kedua di Gorontalo ini dilakukan tersendiri peresmiannya,” jelas bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan  Pohuwato, Hikman Katohidar ketika dikonfirmasi membenarkan penundaan peresmian Bandara Pohuwato oleh Presiden Jokowi.

“Ia, kami menerima arahan dari Menhub melalui Protokol Menhub, bahwa Bandara Pohuwato belum jadi diresmikan dan akan diresmikan secara langsung di waktu yang akan datang di Bandara Panua Pohuwato,” terang Hikman.

Sebelumnya, dalam kunjungan kerjanya di Sulawesi Tengah, Presiden Joko Widodo dijadwalkan bakal melakukan pengresmian Bandara Panua Pohuwato, melalui daring di Bandara Sis Al-jufri Palu, Sulawesi Tengah.

Tidak hanya Bandara Panua Pohuwato saja, sejumlah Bandara perintis lainnya seperti Bandara Banggai Laut, Bandara Bolaang Mpngondow, hingga Bandara Siau, juga diresmikan secara bersamaan lewat daring. (Lan)