Jelang Kunker Presiden ke Gorontalo, Pangdam XIII/Merdeka Cek Kesiapan Pasukan

WARTANESIA – Pangdam XIII/Merdeka, Mayjen TNI Candra Wijaya  sebagai PANGKOGASGABPAD, memimpin apel gelad pasukan dalam rangka pengamanam VVIP kunjungan kerja Presiden RI, IAR. H. Joko Widodo di Provinsi Gorontalo.

Dadampingi Danrem 133/Nani Wartabone, Brigjen TNI Totok Sulistyono, S.H., M.M., M.I.P., beserta unsur Forkopimda Provinsi Gorontalo, apel gelar pasukan ini digelar  di Lapangan Mayonif 713/ST, Jalan Ahmad A Wahab, Kel. Tinelo, Kec. Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo, Minggu (21/4/2024).

Pangdam XIII/Merdeka dalam amanatnya menyampaikan, apel gelar pasukan ini merupakan sarana untuk koordinasi antar unsur di lapangan, agar tidak terjadi kesalahan dalam pelaksanaan Pam VVIP.

“Semua ini adalah agar kunjungan kerja Bapak Presiden RI beserta rombongan di Gorontalo ini dapat berjalan dengan tertib, lancar dan aman. Ingat, tugas ini adalah sebuah kehormatan yang dipercayakan kepada kita semua. Untuk kelancaran dan keberhasilan tugas pengamanan VVIP ini,” ungkap Pangdam.

Sejumlah hal ditegaskannya dalam apel tersebut yakni, Pertama, pasukan dapat melaksanakan tugas
dengan penuh rasa tanggungjawab
sesuai dengan tugas pokok dan
fungsinya masing-masing.

Kedua, memegang teguh disiplin dan
prosedur tetap, serta aturan pelaksanaan pengamanan VVIP, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan.

Ketiga, hindari tindakan yang
bersifat arogan, namun tetap tegas
secara terukur. Jaga sikap dan perilaku selama bertugas, khususnya saat yang berhadapan dengan warga tentunya sangat ingin untuk mendekati dan menyalami Bapak Presiden.

Keempat, lakukan koordinasi dan
komunikasi antar satuan serta lintas sektoral secara ketat, sehingga apapun yang terjadi dapat diselesaikan secara cepat tepat dan tuntas.

“Kelima, waspadai dan antisipasi
setiap kemungkinan ancaman, hambatan dan gangguan dengan saling memberikan informasi yang akurat,” harapnya.

Adapun Kunjungan kerja Jokowi di wilayah Provinsi Gorontalo ini adalah untuk meresmikan Bandar Udara Panua Pohuwato dan Pelaksanaan
Inpres Jalan Daerah (IJD) di Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo.

Turut hadir dalam kegiatan Apel Gelar Pasukan tersebut Kapolda Gorontalo Irjen Pol. Drs. Pudji Prasetijanto Hadi, M.H., Danlantamal VIII/ Manado Laksamana Pertama TNI Nouldy Jan Tangka S.A.P., M.Tr.Opsla., CHRMP., Danlanud Samratulangi Marsma TNI Ramot CP Sinaga, Asintel Kasdam XIII/Mdk Kolonel Kav Muhammad Syarifudin S.E., Asops Kasdam XIII/Mdk Kolonel Inf Ryan Hanandi, Danpomdam XIII/Mdk Kolonel Cpm Sugiarto, Para Kasi Kasrem 133/NW, Para Dandim Jajaran Korem 133/NW, Para PJU Polda Gorontalo dan Para Dansat jajaran Korem 133/NW, Para Kapolres Jajaran Polda Gorontalo. (Rls/Penrem)