Pesawat Smart Air Hilang Kontak, Diduga Jatuh di Bukit Narif

WARTANESIASebuah pesawat perintis milik maskapai Smart Air dikabarkan hilang kontak pada Jumat (8/3/2024). Pesawat jenis Pilatus rute Nunukan menuju Tarakan, Kalimantan Utara itu lepas landas dari Bandara Internasional Juwata Tarakan pada pukul 8.25 Wita.

Berdasarkan jadwal, pesawat yang membawa muatan seberat 583 kilogram sembako untuk warga Krayan Tengah itu sedianya telah tiba di Binuang pada pukul 09.25 Wita. Namun, hingga pukul 10.00, pesawat tak kunjung mendarat dan hilang kontak.

Hingga Sabtu (9/3/2024) pagi, pesawat yang diawaki satu orang Pilot, Capt M Yusuf, serta satu orang Engineer on Board (EOB), Deni S, belum juga ditemukan keberadaannya.

Kapolsek Krayan Selatan dan Tengah, Ipda Andi Irwan menuturkan bahwa, pihaknya mendapat laporan dari masyarakat yang mendengar bunyi pesawat melintas dan suara di kawasan Bukit Narif, Kecamatan Krayan Tengah, Nunukan.

“Bukit Narif, itu masuk di wilayah Krayan Tengah. Didapat informasi dari masyarakat yang kebetulan mengendarai sepeda motor lewat Gunung Narif itu mendengar suara kayu rebah,” tuturnya.

Sejak dikabarkan hilang, upaya pencarian pesawat oleh Basarnas Kota Tarakan dan Tim SAR Gabungan pun dilakukan. Penyisiran di sejumlah lokasi diduga titik jatuhnya pesawat pun belum membuahkan hasil. (Lan)