Raih 77.451 Suara, Syarif Mbuinga Melenggang ke Senayan

WARTANESIA – Syarif Mbuinga dipastikan melenggang ke senayan dengan wajah sumringah. Dalam versi hitung cepat di KPU Gorontalo, sosok yang akrab disapa Pasisa ini menduduki posisi kedua setelah Fadel Muhammad untuk kontestasi pemilihan DPD-R, Dapil Provinsi Gorontalo.

Menurut data sementara hitung cepat versi Kesbangpol Provinsi Gorontalo, Syarif Mbuinga telah berhasil mengumpulkan lebih dari 77.451 suara. Sementara, peringkat tertinggi masih di pegang Fadel Muhammad.

Gubernur Gorontalo 2 periode ini berhasil mengoleksi lebih dari 206.848 suara.
Sementara di posisi ketiga, legislator petahana Rahmijati Yahya masih elok dengan perolehan 75.014 suara.

Politisi PKS Jasin U. Dilo sepertinya akan menjadi peraih kursi terakhir di DPD-RI perwakilan Provinsi Gorontalo, mengalahkan Tony Uloli dan legislator petahana Dewi Sartika Hemeto.

Namun, data perolehan suara di kontestasi Dewan Perwakilan Daerah RI masih sementara dalam tahap penyempurnaan. Saat ini, data yang masuk di system website hitung cepat KPU baru sekitar 72 persen suara yang masuk.

Dalam press conference yang digelar di Pasisa Centre, Marisa, Pohuwato, Syarif Mbuinga mengucapkan terima kasih kepada Masyarakat Provinsi Gorontalo yang telah mengamanahkan untuk menjadi perwakilan mereka di DPD-RI. Tak lupa pula dia juga mengucapkan terima kasih kepada semua relawan yang dalam beberapa bulan terakhir berjibaku dan berjuang bersamanya.

“Amanah yang diembankan masyarakat Gorontalo di pundak saya, akan menjadi modal saya untuk bekerja keras memperjuangkan aspirasi Masyarakat Gorontalo di kancah DPD-RI,” terang Bupati Pohuwato periode 2011-2021 ini.

Pengalaman seabrek Syarif Mbuinga baik di legislatif maupun di eksekutif menjadi modal utama elektabilitas di kontestasi DPD-RI. Hanya di Kabupaten Pohuwato saja Syarif Mbuinga telah mengoleksi 43.261 dari suara yang sudah masuk dalam tim Pasisa Centre sebanyak 75.076.

Di Kabupaten Pohuwato sendiri ada 111.516 Daftar Pemilih Tetap (DPT). Saat ini Syarif Mbuinga menjadi jawara tak terelakkan dengan persentase 62,80 %.

Namun saat ditanya tentang kemungkinan Syarif digandeng dalam perhelatan Pilkada Gubernur Gorontalo 6 bulan mendatang, politisi ini menjawab bakal focus pada Amanah Masyarakat Gorontalo untuk DPD RI. “Saya sudah menetapkan sikap untuk berbuat banyak kepada masyakat Gorontalo di level nasional, dengan terus menggelorakan Gorontalo di Gedung MPR/DPR,” terang Syarif. (Lan)