Jois Hunowu, Srikandi Golkar Pohuwato yang Siap Panaskan Perburuan Kursi Dapil 1

WARTANESIA – Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 semakin menarik untuk dinanti. Dalam kurun waktu 21 hari, para peserta pemilu tentu sedang mempersiapkan segudang strategi untuk dapat meraih kemenangan dalam perhelatan 5 tahunan itu.

Dari beberapa partai politik (parpol) yang ikut mendelegasikan para caleg keterwakilan perempuan, Partai Golongan Karya (Golkar) Kabupaten Pohuwato memiliki 2 Srikandi yang patut diperhitungkan di daerah pemilihan (dapil) 1 Marisa-Buntulia.

Salah satu sosok yang diutus Partai Golkar adalah Jois Hunowu. Jois menjadi salah satu nama pendatang baru di Pileg 2024. Dirinya diketahui mempunyai segudang pengalaman baik dalam berorganisasi maupun di dunia bisnis.

Dalam DCT yang dirilis langsung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pohuwato pada bulan kemarin, sosok Tata Jois (sapaan akrabnya) itu berada di dapil 1 Marisa-Buntulia dan menempati nomor urut 3.

Keberadaannya di dapil 1 Marisa-Buntulia bukanlah tanpa alasan dan bisa saja akan menjadi ancaman tersendiri bagi caleg di dapil Neraka itu sendiri.

Terlebih lagi, Jois Hunowu mempunyai rekan caleg Golkar Dapil 1 Marisa-Buntulia, seperti sang maestro yang juga Ketua DPD II Golkar Pohuwato, Nasir Giasi (Incumbent), kemudian Beni Nento (Incumbent), Agusti M Goma, Rianto Monoarfa dan satu srikandi lainnya, yakni Juwita Razak Ali.

Terlepas siapa yang terkuat, namun politisi perempuan (Jois Hunowu) ini, layak diperhitungkan sebab diketahui dirinya memiliki basis tersendiri yang notabenenya adalah kaum perempuan dan kalangan milenial.

Jois Hunowu merupakan putri asli Desa Pohuwato Timur, Kecamatan Marisa. Dirinya merupakan putri pertama dari Bapak Hasanudin Hunowu (Om Jo’o), sang nelayan yang dikenal sebagai petuah di desa itu.

Mampukah putri nelayan ini merebut singgasana di Parlemen Panua pada Bulan Februari mendatang? Kita nantikan hasilnya! (rik)