Nawawi Pomolango, Putra Berdarah Gorontalo ini Resmi Gantikan Ketua KPK Firli Bahuri

WARTANESIA – Nawawi Pomolango resmi dilantik menjadi Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang baru, oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, di Istana Negara, Jakarta, Senin (27/11/2023).

Nawawi menggantikan posisi Ketua KPK sebelumnya, Firli Bahuri, yang diberhentikan sementara setelah ditetapkan tersangka dugaan pemerasan mantan Mentan, Syahrul Yasin Limpo (SYL.

Sebelum pengambilan sumpah, pelantikan Nawawi oleh Presiden Joko Widodo diawali pembacaan surat Keputusan Presiden RI nomor 116, tertanggal November 2023, terkait pemberhentian sementara Firli Bahuri dan pengangkatan Nawawi Pomolango.

“Demi Allah saya bersumpah dengan sungguh-sungguh bahwa saya untuk melaksanakan tugas ini, langsung atau tidak langsung, dengan menggunakan nama atau cara apapun juga, tidak memberikan atau menjanjikan sesuatu apapun kepada siapa pun juga,” ucap sumpah jabatan yang disampaikan Nawawi di hadapan Jokowi.


“Saya bersumpah bahwa saya senantiasa akan menjalankan tugas dan wewenang saya ini dengan sungguh-sungguh, seksama, objektif, jujur, berani, adil, tidak membeda-bedakan jabatan, suku, agama, ras, gender, dan golongan tertentu dan akan melaksanakan kewajiban saya dengan sebaik-baiknya, serta bertanggung jawab sepenuhnya kepada Tuhan Yang Maha Esa, masyarakat, bangsa, dan negara,” sambungnya.

Agenda pengambilan sumpah jabatan Ketua KPK ini dihadiri oleh sejumlah pejabat seperti, Ketua dan Anggota Dewas KPK, yakni Tumpak Hatorangan Panggabean, Albertina Ho, Syamsudin Haris, dan Harjono.

Selain itu, Menesneg Pratikno, Mendagri Tito Karnavian, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron, Alexander Marwata dan Johanis Tanak, juga terlihat hadir.

Ada juga Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Jaksa Agung ST Burhanuddin.

Profil Singkat Nawawi Pomolango

Nawawi Pomolango lahir di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Provinsi Sulawesi Utara, pada 28 Februari 1962.

Nawawi Pomolango, S.H.M.H. adalah hakim Indonesia putra berdarah Gorontalo. Ia menjabat Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sejak 2019.

Nawawi mengawali kariernya di Pengadilan Negeri Soasio TidoreKabupaten Halmahera Tengah pada tahun 1992. Pada 1996, ia dimutasi sebagai hakim di Pengadilan Negeri TondanoSulawesi Utara.

Pada 2001, ia dimutasi ke Pengadilan Negeri Balikpapan dan dipindahkan ke Pengadilan Negeri Makassar pada 2005. Ia dipromosikan menjadi Ketua Pengadilan Negeri Poso masa jabatan 2010–2012.

Nama Nawawi mulai dikenal saat bertugas di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada tahun 2011-2013 dan menjabat sebagai Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Timur pada tahun 2016. Hingga akhir 2017, ia dipromosikan sebagai hakim tinggi pada Pengadilan Tinggi Denpasar.

Lahir di Manado, Nawawi menamatkan pendidikan di SD Negeri XIV Manado, SMP Negeri 1 Manado, dan SMA Negeri 1 Manado. Ia lulus sarjana hukum dari Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi. Ia mendalami hukum pidana, pada program magister Universitas Pasundan dan lulus pada 2019.

Pada tanggal 20 Desember 2019, Nawawi Pomolango beserta 4 Komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi dilantik oleh Presiden RI Joko Widodo, dan menjabat sebagai Wakil Ketua KPK periode 2019-2023. (Lan)