Akibat Jembatan Putus, Warga Lembah Permai Dapat Bantuan Perahu dari Pemda Pohuwato

WARTANESIA – Wakil Bupati Pohuwato, Amin Haras,, menyerahkan perahu kepada warga Desa Lembah Permai, Kecamatan Wanggarasi. Perahu lengkap dengan mesinnya tersebut diterima Kades Lembah Permai, Kamis, (14/1/2021).

Perahu yang dikontrak Pemda Pohuwato dari nelayan di Kecamatan Marisa ini dipergunakan untuk transportasi warga Lembah Permai, yang sehari-harinya berprofesi sebagai petani.

Beberapa waktu lalu, jembatan gantung yang panjangnya kurang lebih 100 meter di desa tersebut ambruk akibat luapan air sungai yang menyebabkan tiang penyangga patah.

“Diseberang sungai itu ada lahan pertanian jagung dan kelapa milik masyarakat, saat ini mereka sedang panen baik jagung maupun kelapa. Sehingga akibat dari putusnya jembatan ini maka sudah dua hari hasil pertanian tersebut belum bisa diangkut,” terang Wabup.

Dengan adanya bencana itu kata Amin, jelas mempengaruhi perekonomian warga akibat tidak adanya akses bagi petani.

“Untuk antisipasi sambil menunggu perbaikan jembatan dan menanggulangi kebutuhan warga, maka Pemda Pohuwato memfasilitasi sebuah perahu bersama mesinnya untuk digunakan sementara, sambil berjuang untuk mendapatkan alokasi anggaran dari pemerintah pusat guna perbaikan jembatan,” terang Amin.

Khusus kerusakan jembatan, Pemda sudah mengalokasikan anggaran untuk pembangunan bronjong sebagai penangkal abrasi.

“Sudah disiapkan anggarannya, untuk menahan tiang penyangga dan akan dikerjakan tahun ini. Pak Bpati juga menyampaikan segera berjuang untuk bagaimana mendapatkan alokasi anggara perbaikan kembali jembatan gantung tersebut,” jelas Wabup Amin. (Hms/Iwan)