Sadis! OPM Rekam Detik-detik Penembakan Danramil 1703-03/Aradide

WARTANESIA – Kekerasan yang dilakukan oleh Organisasi Papua Merdeka atau OPM kembali terjadi. Kali ini, Komandan Rayon Militer (Danramil) 1703-03/Aradide, Letda Inf Otovians Sugarlay jadi korban kebengisan OPM. Ia gugur usai ditembak oleh (OPM) pada Rabu, (10/04/2024) sekitar pukul 16.00 WIB. 

Penembakan itu terjadi di Pasir Putih Distrik Aradide, Kabupaten Paniai, Provinsi Papua Tengah.

Sadisnya, aksi penembakan itu direkam oleh salah satu anggota OPM. Dalam video yang beredar luas di media sosial itu memperlihatkan detik-detik Danramil ditembak saat mengendarai sepeda motornya.

Di akhir video, 3 Anggota OPM berfoto di depan jenazah OS sebelum akhirnya bergegas meninggalkan lokasi.

“Berita duka, telah gugur Prajurit TNI atas nama Letda Inf OS yang juga merupakan Danramil 1703-04/Aradide karena diserang dan ditembak oleh gerombolan OPM,” kata Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Candra Kurniawan dikutip detik.com, Jumat (12/4/2024).

“Kejadian ini bermula saat Letda Inf Os keluar dari Makoramil 1703-4/Aradide sore hari Rabu. (Korban) dari Makoramil menuju kampung pasir putih,” terangnya.

Ia menambahkan, Letda Inf Os tidak kunjung kembali hingga Kamis (11/4) pagi. Anggota kemudian dikerahkan melakukan pencarian dan menemukan Letda Inf Os telah meninggal dunia.

“Namun ditunggu sampai Kamis pagi, (Letda Inf Os) tidak kembali. Kemudian dilakukan pencarian dan akhirnya ditemukan dalam keadaan meninggal dunia karena diserang dan ditembak oleh OPM,” ungkapnya.

Namun begitu, Candra tidak menjelaskan secara detail kronologi penembakan itu. Namun, dia menegaskan Letda Inf Os gugur akibat ditembak OPM.

“Para pelaku penyerangan dan penembakan ini adalah gerombolan OPM,” tegasnya.

“Saat ini jenazah (Letda Inf Os) akan dievakuasi ke Enarotali, kemudian dibawa ke Nabire,” tutup Candra. (Lan)