Berbanderol Rp 250 Juta, Kandang Ayam di Karya Baru Diduga Sarat Korupsi

WARTANESIA – Proyek kandang ayam tahun 2023 di Desa Karya Baru, Kecamatan Dengilo, diduga tak selesai. Tidak hanya asal jadi, proyek senilai Rp 250 juta itu juga diduga sarat korupsi.

Kandang ayam yang sedianya tuntas dikerjakan akhir Desember 2023 itu pun mangkrak hingga Januari 2024.

Belum lama ini, salah satu warga Desa mengirimkan bukti gambar dan video kondisi kandang ayam yang jauh dari kata layak.

“Ayam banyak yang sudah mati pak, lain sudah di luar kandang, seperti tidak diurus lagi, nanti lihat sendiri di video yang saya kirim itu,” ungkap salah satu warga, Usman.

Sebelumnya, proyek pengadaan bibit ayam paket dan pembangunan kandang di Desa Karya Baru dinilai janggal. Warga mengendus adanya mainan oknum pejabat desa yang ingin mengambil keuntungan dari proyek berbanderol Rp. 250 juta itu.

“Kami meminta pemerintah daerah melalui Itda, segera lakukan pemeriksaan. Ini kalau begini, terkesan ada pembiaran,” tambahnya.

Sebelumnya, Inspektorat Daerah (Itda) Kabupaten Pohuwato berjanji bakal melakukan pemeriksaan terkait dugaan korupsi proyek pembangunan kandang ayam di Desa Karya Baru Kecamatan Dengilo.

“Kita sudah melakukan pemeriksaan, pertama lewat data-data yang kita dapat dari media, yang kedua kita juga sudah koordinasi dengan pemerintah kecamatan. Namun dalm hal ini, kita butuh data dan informasi lebih dari kecamatan, apakah desa itu sudah dilakukan pemeriksaan oleh kecamatan atau seperti apa,” terang Muslimin. (Lan)