‘Ungkit’ Tunjangan Kades di Pohuwato, Tokmas Boalemo Dukung Penuh Syarif ke Senayan

WARTANESIA – Syarif Mbuinga yang merupakan representasi Kabupaten Pohuwato-Boalemo menuju Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dibanjiri dukungan saat berada di Kecamatan Wonosari, Rabu (06/09/2023).

Syarif diketahui hadir dalam forum silaturahmi para tokoh Wonosari, yang juga dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Boalemo, Lahmudin Hambali, Anggota DPRD Boalemo, Selvi Olii, dan Anggota DPRD Provinsi Gorontalo, Dedy Hamzah.

Dalam kesempatan itu, hadir pula tokoh masyarakat Uwes Abubakar, Ketua DPC PPP Boalemo, Abdillah Alhasni, Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa, serta tokoh masyarakat setempat.

Sebagai representasi wilayah barat Provinsi Gorontalo, sejumlah tokoh menyatakan dukungan terhadap Syarif Mbuinga menuju senayan di pesta politik tahun 2024 mendatang.

“Kami akan senantiasa mendukung pak Syarif karena kami akui jika nanti benar Pak Syarif diberi amanah oleh masyarakat untuk duduk di DPD RI, ini tentu jadi sejarah pertama dimana figur dari wilayah barat jadi Anggota DPD, yang selama ini hanya orang kota semua,” ucap salah satu tokoh masyarakat, Pursan Lasale.

Bahkan kata dia, kepemimpinan Syarif di masa jabatannya sebagai Bupati Pohuwato,sangat memperhatikan kepala-kepala desa dan masyarakatnya.

“Jujur, selama beliau menjabat, beliau ini satu-satunya bupati yang kepala desanya ada TOKD (Tunjangan Operasional Kepala Desa), dan itu cuma beliau. Harapan kami, jika nanti diijabah atas dukungan kita ini, mungkin akan ada perhatian ke daerah ini,” lanjutnya.

“Karena kami rasakan sendiri, dengan perhatian seperti itu desa akan lebih termotivasi. Jujur desa yang paling banyak prestasinya itu semuanya dari Pohuwato, dan itu di jaman Pasisa (Syarif Mbuinga) memimpin sebagai Bupati,” jelasnya lagi.

Sementara itu, Syarif Mbuinga, menyampaikan ucapan terima kasih yang mendalam atas sambutan baik para tokoh di Kecamatan Wonosari. Dirinya pun merasa terkesan atas persatuan para tokoh Wonosari.

“Saya lihat silaturahmi kita dihadiri oleh representasi berbagai warna. Sungguh terkesan saya, kagum, ini satu kekuatan yang luar biasa. Saya senang ada di tempat ini, saya berharap silaturahmi seperti ini terus terjaga. Berharap suasana seperti ini pun tidak berakhir hanya sampai di kontestasi 2024,” ujar Syarif.

Maju sebagai Anggota DPD RI dapil Gorontalo, kata Syarif, berangkat dari keinginan adanya figur yang nantinya akan lebih mengkonsentrasikan apa yang menjadi semangat, perjuangan dan tanggung jawab, sebagai representasi masyarakat Pohuwato dan Boalemo di DPD RI.

“Juga yang paling mendasar adalah sebelum Pohuwato terbentuk, kita masih ada dalam 1 daerah yang sama, menghirup udara, pemerintahan yang sama. Saya hendak me-rewind memory lama kita, tidakkah kita dua daerah ini dalam satu semangat,” tutupnya. (Lan)