Antara Syarif dan Pilgub Gorontalo, Ada Janji Rusli yang Dinanti

Jika tak ada aral, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Gorontalo, bakal dilangsungkan pada tahun 2022 mendatang. Namun, sejumlah nama besar sudah mulai diisyukan bakal menjadi kontestasi Pilkada nanti.

Diantara nama besar yang dimunculkan, nama Syarif Mbuinga adalah salah satunya.

Bupati Pohuwato 2 periode dari Partai Golkar ini, tengah hangat ‘digunjingkan’ bakal jadi calon terkuat yang akan diusung oleh partai berlambang pohon beringin itu.

Mengapa disebut calon terkuat? Itu karena ucapan dari Ketua DPDI Golkar yang juga merupakan Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, ke Syarif dan seluruh Kader Golkar Gorontalo.

Publik masih ingat kata-kata manis Rusli ke Syarif, lewat jejak digital. Di hadapan warga Pohuwato di setiap kunjungan kerja, Rusli selalu memuji Syarif soal kinerja dan kualitasnya di Politik. Terakhir, saat pelaksanaan Musda DPD II Golkar di semua daerah di Provinsi Gorontalo, jelang akhir tahun 2019 kemarin.

Selain memuji Syarif, Gubernur 2 periode itu selalu mengumbar janji bahwa, Syarif lah yang paling pantas menjadi The Next Gubernur Gorontalo, (Gubernur Gorontalo selanjutnya) pasca dirinya. “Presiden? Airlangga Hartanto, Gubernur? Syarif Mbuinga, Bupati? Saipul Mbuinga,” demikian seruan Rusli Habibie secara kompak bersama seluruh kader Golkar.

Pertanyaannya, apakah Rusli bakal menepati janjinya untuk Syarif? Ataukah Sebaliknya? Sebab, Golkar bukanlah partai sembarangan. Untuk mengamini ucapan Rusli, Golkar butuh banyak ‘tetebengek’ persyaratan. Salah satunya adalah hasil survey, agar janji Rusli itu benar-benar terwujud.

Yang harus dilakukan Rusli adalah, berjuang sekuatnya untuk membuktikan janji dan ucapannya.

Terus? apakah ada jaminan jika nanti sang Istri yang kini duduk di kursi DPR RI, Idah Syahidah, tak bakal didorong untuk maju menjadi Calon Gubernur Gorontalo oleh Rusli? Syukur-syukur jika nama Syarif Muncul meski hanya menjadi papan dua sebagai Calon Wakil Gubernur Gorontalo. Jika tidak? Wallahu’alambissawaf.. Hanya Rusli Habibie dan Tuhan yang tahu, siapa yang akan dikuatkannya untuk jadi Calon Gubernur Gorontalo sebenarnya dari Partai Golkar.

Meski begitu, Syarif harusnya tak perlu berkecil hati. Sebab, ibarat mutiara di dasar laut, meski berada di kedalaman, akan ada banyak partai politik yang bakal menyelaminya, untuk bisa mendapatkan Syarif. (G. Latarawe)