Uniknya Gebyar Ketupat di Hulawa-Pohuwato, Panjat Pinang Berhadiah Emas

WARTANESIA – Tradisi perayaan lebaran ketupat di Desa Hulawa, Kecamatan Buntulia, terbilang unik. Pasalnya, sejumlah lomba digelar pada perayaan yang dihadiri ribuan warga dari sejumlah kecamatan di Pohuwato, salah satunya lomba panjat pinang berhadiah emas murni.

Seperti yang terlihat pada Kamis (18/4/2024), dihadiri Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, Ketua Komisi III DPRD Pohuwato, Beni Nento, Camat Buntulia. Saipul Hunta, dan unsur TNI-Polri, kegiatan ini sukses digelar.

“Luar biasa, apresiasi patut diberikan kepada Pemerintah Desa Hulawa khususnya Kepala Desa, atas meriahnya kegiatan yang dilakukan. Tentu semua ini butuh persiapan yang matang sehingga ada banyak lomba yang diisi. Apalagi ada panja pinang berhadiah emas, ini luar biasa,” ungkap Saipul A. Mbuinga dalam sambutannya.

Adapun sejumlah perlombaan pada gebyar ketupat Desa Hulawa kali ini yakni, lomba lari karung, kumpul kelapa, gigit sendok, makan kerupuk, hingga yang paling menarik adalah lomba panjat pinang berhadiah emas murni seberat 5 gram.

“Alhamdulillah, antusiasme warga sangat luar biasa. Bahkan, ada yang dari luar Kecamatan Buntulia yakni, Patilanggio dan Paguat. Kami sangat bersyukur, kegiatan ini sukses dilaksanakan karena dukungan penuh dari masyarakat Desa Hulawa, serta organisasi kepemudaan di desa,”  kata Kepala Desa Hulawa, Erna Giasi.

“Jika tahun kemarin hadiahnya emas 4 gram, tahun ini Alhamdulillah 5 ram. Semua sumbangan dari masyarakat penambang. Inshaallah tahun depan bisa lebih lagi,” pungkas Erna.

Pada kegaiatan kali ini, Bupati Saipul turut menyerahkan hadiah seperti, juara 1 umum Festival Tumbilotohe dan MTQ tingkat Kecamatan Buntulia. Di mana Desa Hulawa masih memegang predikat tak terkalahkan. (Lan)