Hadirkan QRIS, BSG Marisa Dorong Percepatan Program Digitalisasi Pemerintah, Berikut 5 Manfaatnya

WARTANESIA – Dalam rangka mendorong program pemerintah dalam hal percepatan digitalisasi, Bank SulutGo (BSG) Cabang Marisa terus mensosialisasikan penggunaan QRIS ke publik. Hal ini telah ditandainya perkenalan QRIS oleh BSG Marisa, pada akhir tahun 2023 kemarin.

Kehadiran BSG QRIS mendapatkan reaksi positif dari masyarakat, khususnya PNS di lingkungan Pemda Pohuwato. Terbukti, hingga saat ini, pengguna BSG QRIS di Pohuwato terus mengalami peningkatan.

“Alhamdulillah transaksi BSG QRIS terus mengalami peningkatan. Sekarang itu dikisaran Empat sampai Lima puluh persen, terbanyak di Marisa,” beber Manager Dana, Roy Haras.

Tidak hanya berhenti sampai di situ, guna memaksimalkan pentingnya penggunaan QRIS dalam hal transaksi, BSG Marisa rencananya bakal menghadirkan Bank Indonesia ke Pohuwato.

“Dalam waktu tidak lama, mungkin Triwulan Satu atau Dua ini, kita sudah berkoordinasi dengan Bank Indonesia, akan menyelenggarakan kegiatan di Pohuwato, sekaligus peluncuran QRIS ke masyarakat” ungkap Kepala BSG Cabang Marisa, Hasan Hamid, Selasa (13/2/2024).

“Kita masih menunggu kesiapan BI, kapan mereka bisa datang ke Pohuwato, kita sudah mengajukan pengusulan. Karena semua daerah itu dilayani oleh BI. Paling lambat di Triwulan Dua nanti,” sambungnya.

Untuk diketahui, Quick Response Code Indonesian Standard atau QRIS adalah standar QR Code pembayaran untuk sistem pembayaran Indonesia yang dikembangkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI).

QRIS merupakan penyatuan berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan QR Code.

QRIS dikembangkan oleh industri sistem pembayaran bersama dengan Bank Indonesia dengan tujuan agar proses transaksi dengan QR Code dapat lebih mudah, cepat, dan terjag​a keamanannya.

Nantinya, semua penyelenggara jasa sistem pembayaran yang akan menggunakan QR Code pembayaran, wajib menerapkan QRIS.

Bank Indonesia sendiri meluncurkan standar nasional bagi fitur baru QRIS untuk transaksi tarik tunai, transfer, dan setor tunai atau QRIS TUNTAS pada 17 Agustus 2023 lalu.

Lantas, apa saja Keuntungan menggunakan QRIS? Berikut 5 manfaat menggunakan QRIS :

1. Meningkatkan potensi penjualan

    Dengan menggunakan QRIS, potensi penjualan dapat meningkat karena proses transaksi menjadi lebih cepat, sehingga jumlah transaksi dapat meningkat. Dengan proses pembayaran yang lebih cepat, waktu bertransaksi berkurang, dan transaksi yang dilakukan dapat lebih banyak.

    Misalnya, dalam satu jam sebuah toko/merchant dapat melayani rata-rata 30 transaksi menggunakan uang tunai, ketika menggunakan QRIS transaksi yang dapat dilakukan menjadi 40-60, artinya waktu yang dibutuhkan untuk per transaksi menjadi lebih cepat dan transaksi yang dilakukan menjadi lebih banyak, pada akhirnya akan meningkatkan potensi penjualan.

    2. Praktis hanya dengan satu kode QR

    QRIS juga membantu merchant menyediakan pilihan pembayaran yang mudah karena merchant cukup menyediakan satu kode QR yang bisa digunakan untuk berbagai sumber dana baik rekening maupun uang elektronik (e-wallet). Dengan begitu, pembeli pun juga akan merasa lebih mudah melakukan pembayaran tanpa harus memilih menggunakan rekening atau e-wallet mana yang perlu digunakan.

    3. Lebih Murah 

    Transaksi dengan QRIS juga lebih murah dibanding metode pembayaran lainnya seperti  menggunakan kartu debit dan kredit. Saat ini, untuk usaha mikro (UMI) hanya dikenakan tarif merchant discount rate (MDR) sebesar 0,3%,  lebih murah dibanding menggunakan debit dan kredit.

    4. Terhindar dari uang palsu dan transaksi dilakukan dengan aman

    Keuntungan menggunakan QRIS yang keempat, yaitu toko/merchant dapat terhindar dari peredaran uang palsu. Praktik penipuan transaksi menggunakan uang palsu sering kali dilakukan oleh pembeli yang tidak bertanggung jawab dan menyebabkan kerugian bagi toko. Dengan transaksi menggunakan QRIS, toko/merchant tidak perlu khawatir menjadi korban peredaran uang palsu lagi karena transaksi akan langsung masuk ke rekening toko/merchant. Dana yang masuk ke rekening toko/merchant pun juga aman karena tersimpan di rekening dengan standar keamanan yang tinggi.

    5. Membantu mencatat semua transaksi

    Keuntungan menggunkan QRIS bagi toko/merchant yang kelima, yaitu membantu mencatat semua transaksi yang terjadi. Semua transaksi yang menggunakan QRIS akan otomatis tercatat secara lengkap dan dapat diakses secara real-time. Hal ini ini bisa membantu mencegah kecurangan dari pembukuan dari transaksi tunai. (Lan)