Kwarcab Pohuwato Beri Penghargaan Pancawarsa Kepada 500 Anggota Pramuka Dewasa

WARTANESIA – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Pohuwato menggelar Apel Kirab Pemuda dan penganugerahan tanda penghargaan gerakan pramuka dalam rangka hari patriotik 23 Januari, Minggu (21/01/2023).

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Ketua Dewan Kehormatan Kwarda Gorontalo, Idah Syahidah, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Pohuwato, Nasir Giasi, Wakil Bupati Pohuwato, Suharsi Igirisa, serta OKP dan OKPI.

Dalam sambutannya, Ketua Kwarcab Pohuwato, Nasir Giasi mengatakan, pemberian penghargaan kepada para pembina pramuka merupakan yang pertama kali dilaksanakan.

“Dimana selama ini pemberian tanda penghargaan hanya didapatkan oleh para petinggi-petinggi pramuka itu sendiri. Hari ini tanda penghargaan ini kami berikan kepada kakak-kakak pembina Mabigus yang senantiasa mengembangkan gerakan pramuka di masing-masing gugus depan,” kata Nasir.

Jenis penghargaan yang diberikan, lanjut Nasir, adalah Pancawarsa 1 sampai dengan 4. Penghargaan Pancawarsa sendiri diberikan kepada para pembina yang sudah mengabdi dalam gerakan pramuka selama 5 tahun dan kelipatannya.

“Yang telah diluluskan kurang lebih 500 orang dan akan diserahkan hari ini secara simbolis. Target Kwarcab Gerakan Pramuka adalah 1000 orang, Insyaa Allah 500 orang akan desematkan saat apel besar pramuka 14 Agustus mendatang,” lanjut Nasir.

Nasir berharap dengan diberikannya penghargaan tersebut dapat menanamkan rasa tanggung jawab dalam diri para penerima untuk dapat berbuat lebih baik lagi terhadap gerakan pramuka di masing-masing gugus depan.

“Tanamkan rasa tanggung jawab dalam diri para penerima, dalam diri para pembina untuk dapat berbuat lebih baik lagi untuk gerakan pramuka di masing-masing gugus depan,” tandasnya.

Diantara penerima penghargaan tersebut adalah Wakil Bupati, Suharsi Igirisa yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Mabicab. Dirinya dianugerahi penghargaan Pancawarsa 3. Selanjutnya penghargaan juga diberikan kepada 13 Camat yang secara simbolis diserahkan kepada 4 Camat yang hadir. (rik)