13 Tahun Mengemis, Lutfi Haryono Miliki Tabungan 490 Juta Rupiah

WARTANESIA – Setelah sempat viral beberapa waktu lalu di media sosial, seorang pengemis yang mempunyai saldo tabungan ratusan juta rupiah kini di amankan pihak kepolisian, Kamis (02/06/2022).

Pengamanan ini bertujuan untuk dilakukannya problem solving atau pemecahan masalah terhadap laporan masyarakat yang menyebutkan Lutfi Haryono seorang pengemis memiliki saldo tabungan sebesar 400 Juta Rupiah.

Bhabinkamtibmas Kelurahan Ipilo, Kepolisian Sektor Kota Timur, Bripka Romi Paera mengatakan bahwa bahwa Lutfi menjalankan aksinya dengan cara menyodorkan proposal.

“Jadi dari laporan warga ini, kita melakukan klarifikasi terhadap pengemis tersebut, dimana diketahui bahwa dirinya mengemis kepada orang-orang dengan menyodorkan proposal,” ungkapnya.

Lanjut Romi, dari pengakuan warga juga diketahui bahwa proposal yang dibawa untuk meminta minta, tidak mencantumkan pihak pemerintah akan tetapi hasil buatan sendiri (ilegal) dan dirinya sering kali melakukan pemaksaan kepada warga untuk mendapatkan uang.

“Untuk profesi yang dilakukan Lutfi Haryono, berdasarkan interogasi kepadanya bahwa kerja tersebut sudah dilakukannya kurang lebih 13 tahun lamanya semenjak berpisah dengan istrinya,” jelas Romi.

“Kemudian setelah di cek saldo buku rekening milik Lk. Lutfi Haryono berjumlah 490.000.000 di dalam dua rekening yakni Bank Mandiri dan Bank SulutGo,” lanjutnya.

Adapun dari hasil problem solving yang dilakukan, telah dibuatkan pernyataan tidak akan melakukan lagi profesi meminta minta dengan menggunakan proposal atau semacamnya. (rik)