Terus Bergerak, DP3AP2KB Pohuwato Gelar Orientasi TPK Tahun 2024

WARTANESIA – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB), Kabupaten Pohuwato, menggelar orientasi Tim Pendamping Keluaraga (TPK) Tahun 2024.

Diketahui, TPK di Pohuwato sendiri sebanyak 123 dan 369 orang anggota, yang terdiri dari PKK, Bidan, Kader KB, dan tersebar di 13 Kecamatan.

Kepala DP3AP2KB Kabupaten Pohuwato, Arman Mohamad menyampaikan, Orientasi TPK dimaksutkan sebagai evaluasi kinerja pendampingan di tahun kemarin, sekaligus untuk menyusun program dalam satu tahun kedepan.

“Harapan dari manfaat orientasi TPK harus tercapai dengan maksimal agar pendampingan keluarga khususnya dalam penanganan stunting dapat lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,” kata Arman Mohamad, Senin (18/3/2024).

“Kami atas nama pemerintah memberikan apresiasi kepada TPK selama ini, karena Pohuwato pernah mencapai status stunting terbaik Nasional,” ungkapnya.

Sementara itu, pejabat fungsional penata kependudukan dan keluarga berencana, DP3AP2KB Pohuwato  Acincin Taufik menjelaskan, tujuan dari TPK adalah melaksanakan deteksi dini faktor risiko stunting dan melakukan upaya meminimalisir atau mencegah pengaruh bila terdapat faktor risiko stunting di suatu keluarga.

Dikatakan Acincin, selain mendampingi keluarga berisiko stunting melalui komunikasi, informasi, dan edukasi, tugas TPK yakni memberikan fasilitasi pelayanan rujukan kesehatan, dan fasilitasi layanan program bantuan sosial pada sasaran remaja, calon pengantin, ibu hamil, ibu pasca persalinan dan menyusui serta anak 0-59 bulan.

“TPK memberi fasilitasi bantuan sosial pada keluarga yang tidak memiliki akses air minum, jamban atau sanitasi yang layak, dan memenuhi persyaratan untuk mendapatkan bantuan sosial,”pungkasnya. (Wn)