Dapat Suntikan 96,5 Milyar Rupiah, Jalan dari Paguat Hingga Popayato Bakal Dibangun Tahun ini

WARTANESIA – Pemerintah Kabupaten Pohuwato kembali mendapatkan kucuran anggaran sebesar 96,5 milyar rupiah untuk pekerjaan lima ruas jalan yang tersebar di beberapa kecamatan di Pohuwato.

Ini diketahui dari penyampaian Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, di hadapan warga ketika menghadiri halal bihalal di Kecamatan Dengilo, pada Selasa (5/3/2024).

Adapun Lima ruas jalan itu kata Saipul yakni, akses jalan menuju destinasi wisata Torosiaje, Kecamatan Popayato, infrastruktur jalan yang menghubungkan Desa Siduwonge hingga Dusun Bolongga, Desa di Kecamatan Randangan.

“Selanjutnya pekerjaan jalan Desa Ayula, Kecamatan Randangan hingga ke Desa Panca Karsa 1, Kecamatan Taluditi, akses jalan dari Desa Botubilotahu menuju RSUD Bumi Panua, dan terakhir, pekerjaan ruas jalan dari Desa Molamahu, Kecamatan Paguat hingga ke Desa Huta Moputi, Kecamatan Dengilo,” bebernya.

Siapul behrarap, dengan adanya kucuran dana untuk pembangunan infrastruktur jalan ini, dapat meningkatkan ekonomi warga.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pohuwato, Risdiyanto Mokodompit menambahkan, adapun anggaran untuk pekerjaan Lima ruas jalan tersebut bersumber dari 2 mata anggaran yakni Dana Alokasi Khusus (DAK) serta Inpres Jalan Desa APBN untuk Jalan daerah.

“Ada 3 dari DAK (Dana Alokasi Khusus), yang pertama Jalan Telaga ke Torosiaje, itu 13.5 milyar rupiah, Kedua, Jalan Siduonge itu 9 milyar rupiah, dan ketiga Jalan dari Telkom Marisa menuju RSUD Bumi Panua, itu 9 milyar rupiah,” terang Risdiyanto.

“Selanjutnya dari APBN, Jalan dari Desa Molamahu ke Hutamoputi itu 34 milyar rupiah. Sementara  Jalan Ayula ke Panca Karsa 1, itu  31 milyar rupiah,” tandasnya. (Lan)