Nasir Giasi Dorong PT. PETS Gunakan Perusahaan Lokal untuk Penyedia Jasa Catering

WARTANESIA – Ketua DPRD Kabupaten Pohuwato, Nasir Giasi, mendorong perusahaan tambang PT. PETS agar menggunakan perusahaan penyedia jasa catering lokal Pohuwato.

Hal itu dikatakan Nasir usai dirinya dan rombongan DPRD Pohuwato serta unsur Pemda Pohuwato melakukan kunjungan ke kantor PT. Merdeka Copper Gold, di Desa Hulawa, Kecamatan Buntulia, Kamis (06/07/2023).

Menurut Nasir, pelaksanaan outsourching (pihak ketiga) untuk penyedia jasa catering menggunakan perusahaan lokal merupakan satu dari sekian banyak upaya untuk mendongkrak ekonomi daerah.

“Saat ini kita berupaya untuk bisa meningkatkan taraf ekonomi daerah, tentunya salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memberdayakan perusahaan-perusahaan lokal,” kata Nasir.

Di kabupaten yang dijuluki Bumi Panua itu sendiri, kata Nasir, memiliki satu perusahaan catering yang saat ini menjalin kerja sama dengan PT. PETS, yakni PT. Arnet Jaya Abadi. Akan tetapi satu perusahaan lainnya yakni PT. ADEN masih berasal dari luar daerah.

“Kita akan lihat, kalau memang hanya satu yang bisa menangani masalah catering, kita lebih menginginkan itu ditangani oleh perusahaan-perusahaan lokal, seperti PT. Arnet dan lain sebagainya,” lanjut Nasir.

Sehingga, lanjut Nasir, untuk mengomunikasikan persoalan pajak daerah menjadi lebih mudah. Sebab induk perusahaan penyedia jasa cathering tersebut berada di daerah.

“Kalau seperti Mawar Sharon kemarin kan yang dibayarkan baru bulan Januari sementara saat ini sudah bulan Juli. Jika induk perusahaan berada di daerah, maka kita lebih mudah dalam melakukan penagihan pajak 10 persen itu,” pungkasnya. (rik)