DPRD Pohuwato ‘Semprot’ Dikes soal Fasilitas Kesehatan

WARTANESIA – Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Pohuwato, Rizal Pasuma, menyoroti Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pohuwato, Fidi Mustafa, terkait fasilitas kesehatan di beberapa Puskesmas.

Hal itu diungkapkan Rizal saat rapat pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) 2022, di ruang paripurna DPRD Kabupaten Pohuwato, Senin (22/05/2023).

“Saya bicara fakta. Puskesmas Popayato itu 1 x 24 jam, tapi kondisinya bagaimana? Pak Kadis tahu? Rumah dinas Dokter bagaimana? Sampai mereka itu mau menangis. Orang melayani masyarakat dengan tulus tapi fasilitas tidak ada,” tegas Rizal.

Politisi Partai Golongan Karya (Golkar) tersebut juga meminta agar Kepala Dinas Kesehatan, Fidi Mustafa, melakukan peninjauan terhadap fasilitas kesehatan di beberapa Puskesmas dan Rumah Sakit.

“Saya sudah bilang Pak Kadis, turun turun. Bagaimana menyehatkan masyarakat, fasilitas saja di rumah sakit kalau bukan karena bupati yang lihat pasti tidak diganti. Kalau cuma Bapak, tidak pernah ini masuk pak,” lanjut Rizal.

Lebih lanjut, Rizal menambahkan, saat ini fasilitas Puskesmas rawat inap di Lemito sudah mulai terbengkalai. Hal ini pun menurut Rizal luput dari perhatian Dinas Kesehatan.

“Coba Pak Kadis lihat yang di depan Polsek, itu terbengkalai, tidak digunakan. Sementara kita bangun dengan anggaran yang cukup besar. Hal itu karena Pak Kadis tidak pernah lihat, tidak pernah turun,” tukas Rizal.

Hingga berita ini diterbitkan, rapat pembahasan LKPJ masih berlangsung, sejak dimulai pada pukul 11.00 Wita. (rik)