Dibangun Pake Duit Milyaran, RS Lemito Terbengkalai, Cs Berhenti Tak Digaji Pemda

WARTANESIA – Kondisi Rumah Sakit (RS) Pratama Lemito, di Kecamatan Lemito, Kabupaten Pohuwato menjadi sorotan karena kondisinya memprihatinkan.

Pasalnya, gedung rumah sakit yang dibangun menggunakan anggaran milyaran rupiah itu tampak tidak terurus akibat tumbuhan liar yang mulai tumbuh dan nyaris menutupi sejumlah bagian di RS tersebut.

Kondisi itu membuat salah satu Anggota DPRD Pohuwato dari daerah pemilihan Kecamatan Popayato serumpun dan Lemito, Yunus Abdullah Usman berkomentar. Menurut Aleg dari Partai Kebangkitan Bangsa ini, kondisi RS Lemito merupakan gambaran ketidakseriusan pemerintah daerah. “Keseriusan OPD terkait jalan ditempat,” kata Yunus, Sabtu (5/3/2022).

Sejumlah bagian gedung RS Pratama Lemito mulai dipadati tumbuhan liar.

Menurutnya, sejak diresmikan pada Februari 2021 silam, selain tidak adanya aktivitas pelayanan, di RS ini juga diketahui memiliki petugas cleaning service (cs). Namun sayang, sejumlah petugas kebersihan tersebut terpaksa berhenti karena tidak pernah menerima gaji.

“Saya pikir tidak perlu saya jelaskan, itu ranahnya pemerintah daerah. silahkan ditanya ke OPD terkait. Namun kami berharap, jangan sampai saat akan di gunakan, gedungnya sudah rusak,” harapnya.

Sementara itu, Plt Kadis Kesehatan Pohuwato, Rusmiyati Pakaya ketika di konfirmasi mengatakan, terkait operasional serta pelayanan, pihaknya sementara melakukan pengurusan administrasi operasional.

“Insha Allah kalau proses administrasinya sudah 80%, maka akan ke persiapan lokasi, dari luar sampai dalam gedung. Mohon dukungan dari semua pihak,” kata dia. (Lan)