Pemda Pohuwato Studi Tiru PAD Perkim di Kota Palopo

WARTANESIA – Wakil Bupati Pohuwato, Suharsi Igirisa, melakukan kunjungan ke Kota Palopo, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) pada Rabu (3/11/2021).

Didampingi Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Pohuwato, Anwar Sadat, kunjungan kerja ini diterima Sekda Palopo, Drs. Firmanza DP, SH.,M.Si., di ruang pertemuan Kantor Pemerintahan Kota Palopo.

Pada kesempatan itu, Suharsi Igirisa menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkot Palopo, yang telah menerima kunjungan Pemerintah Kabupaten Pohuwato.

“Terima kasih Pak Sekda yang telah menerima kami, saya senang sekali begitu masuk, rasanya kita satu karena masih dalam satu Pulau Sulawesi, sehingga masih ada hubungan emosional,” tuturnya.

Lanjut Wabup Suharsi, kondisi daerah Pohuwato lebih luas dari Palopo. Akan tetapi, Polopo sudah lama berdiri sehingga lebih maju. “Untuk itu kami tidak salah datang belajar disini, terlebih mengenai PAD yang begitu tinggi, di mana pembangunan rumah hunian atau rumah susun dan lain sebagainya itu bisa mendapatkan PAD,” ujar Suharsi.

Sementara itu, Sekda Palopo, Firmanza, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Pemda Pohuwato, yang telah melaksanakan studi tiru bidang perumahan dan permukiman di Palopo.

Sedangkan mengenai permukiman beber Sekda, Pemkot Palopo bisa berhasil dengan memindahkan penduduk kumuh, ke sebuah lokasi yang telah disediakan. Di sana dibangun rumah  tipe 36 lengkap dengan fasilitas yang disediakan.

“Palopo sebuah kota kecil dengan luas wilayah kurang lebih 247 KM persegi, dibandingkan dengan Pohuwato yakni 4.244 KM persegi, dan penduduk kurang lebih 184. 600 jiwa dengan 14 kelurahan dan 9 kecamatan. Nah dengan konsep memindahkan penduduk ini, kami bisa mendapatkan PAD dari sana,” jelas Firmanza. (Wan)