Akibat Akitifitas Tambang Liar, Sumber Air Milik PDAM Pohuwato akan Dipindah ke Lemito

WARTANESIA – Sistem suplay air bersih di kawasan sumber air terang, di wilayah Gunung Pani Marisa milik PDAM Tirta Maleo Pohuwato, rencananya akan dipindah ke wilayah Kecamatan Lemito.

Direktur PDAM Tirta Maleo Pohuwato, Khairudin Usman, ketika ditemui di ruang kerjanya pada Senin (4/1/2021) membenarkan wacana tersebut.

“Hal itu baru wacana yang dibahas Balai Wilayah Sungai bersama kami. Suplay utama air bersih saat ini hanya di ar terang di kawasan Gunung Pani. Rencananya dipindah ke wilayah Kecamatan Lemito,” kata Khairudin.

Pipa air PDAM yang sering rusak, tengah diperbaiki. (PDAM Trita Maleo Pohuwato)

Pemindahan tersebut kata Kahirudin bukanlah tanpa alasan. Suplay air bersih dari sumber air terang di Gunung Pani saat ini, sudah tercemar oleh aktifitas pertambangan yang semakin marak.

“Seperti kita ketahui bahwa, air bersih yang disuplay ke pelanggan, bersumber dari air terang di kawasan Gunung Pani. Sementara, aktifitas pertambangan di wilayah ini cukup masif. Di tambah lagi fasilitas kami seperti pipa penyuplay air itu sering rusak dan patah akibat tergerusnya sungai yang sangat dipengaruhi oleh aktifitas tambang itu sendiri,” beber Khairudin.

Meski baru sebatas rencana, pemindahan itu kata dia, bakal.diserusi dan segera dilakukan secepatnya. (Lan)