Wujudkan Pohuwato Sehat, Bupati Saipul Lanjutkan MoU dengan Unhas

WARTANESIA – Pemerintah Daerah Kabupaten Pohuwato kembali memperpanjang kesepakatan kerjasama dengan Universitas Hasanudin, Makassar, Sulawesi Selatan.

Hal itu ditandai dengan penandatanganan Momerandum of Understanding (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang dilakukan Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, dengan Rektor Universitas Hasanudin Makassar, Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, di ruang rapat A lantai 4, Unhas, Selasa (10/5/2022).

Kesepakatan bersama yang berlaku untuk jangka waktu 3 tahun itu berkaitan dengan bidang pendidikan, penelitian, pengembangan SDM dan pengabdian kepada masyarakat dalam menyukseskan program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM) serta program bakti sosial sesuai dengan fungsi dan kewenangan masing-masing.

Bupati Saipul, dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan utama kunjungan ini adalah untuk memperbaharui kesepakatan kerjasama atau MoU dengan Unhas yang sudah berakhir, dan setelah itu akan ada penandatanganan perjanjian kerjasama dengan beberapa fakultas nantinya.

”Yang terbaru kami baru saja melaksanakan bakti sosial operasi bibir sumbing gratis bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Gigi dan Mulut Unhas, kegiatan ini sangat sukses dan mendapat animo dari masyarakat, sehingga kedepan akan kami rencanakan lagi,” terangnya.

“Kami juga ada program satu dokter satu kecamatan dan salah satu yang menjadi tempat kuliah mereka di Unhas ini, bahkan beberapa dokter spesialis kami adalah juga alumni dari Unhas,” lanjut Saipul.

Lanjut Bupati Saipul, mewujudkan pohuwato sehat menjadi tantangan tersendiri bagi Pemerintah Kabupaten Pohuwato. Hal ini membutuhkan sarana dan prasarana kesehatan memadai serta kuantitas dan kualitas SDM kesehatan yang semakin baik sesuai dengan perkembangan penduduk yang hingga tahun 2021 terus naik menjadi 152.369 jiwa.

Sementara itu, Rektor Unhas, Prof. Jamaluddin Jompa mengucapkan terima kasih kepada Pemda Pohuwato terutama kepada Bupati Saipul Mbuinga atas lanjutan kerjasama tersebut.

”Insya Allah kerjasama ini bisa berjalan sukses, sehingga apa yang diharapkan Pemda dan masyarakat Pohuwato bisa terwujud,” ucap Rektor Jamaluddin Jompa. (Rik)