Begini Cara Baznas Atasi Stunting di Pohuwato

WARTANESIA – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Pohuwato mendistribusikan 5 (lima) bahan pokok untuk pencegahan stunting kepada lima ibu hamil dan tiga anak balita di Desa Patuhu dan Desa Ayula, Kecamatan Randangan, Rabu (09/08/2023).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bidang KB DP3AP2KB Kabupaten Pohuwato, Penyuluh KB Kecamatan, Tim pendamping PKK Stunting Desa Patuhu, Suudi Usman, beserta Anggota Baznas Pohuwato, Pendahan Alazain, Kamal Lukum, Sarda Sanusi dan Lun Djafar.

banner 468x60

5 bahan pokok yang dibagikan adalah beras, kedelai, telur, ikan tuna segar, susu untuk ibu hamil dan biskuit untuk Balita. Desa Patuhu sendiri ada 3 ibu hamil dan 2 anak balita, serta Desa Ayula ada 2 ibu hamil dan 1 anak balita yang didistribusi.

“Baznas ini bukan menyalurkan bantuan tapi menyerahkan hak kepada para mustahik, dan pastinya mereka yang kena program stunting ini ialah warga yang berada di bawa kemiskinan,” ujar Wakil Ketua Bidang Pengumpulan, Ruzali Hunowu.

Ruzali mengatakan, Baznas merupakan salah satu organisasi pemerintah non struktural. Olehnya, dirinya merasa harus bersinergi dengan program pemerintah yang khusus penanggulangan kemiskinan dan kesejahteraan umat.

“Keterlibatan baznas dalam penanggulangan stunting ini salah satu kegiatan yang memang sudah merupakan bagian dari kegiatan zakat,” tandasnya.

Diketahui program pencegahan stunting merupakan inovasi dari Dinas P3AP2KB melalui Bidang KB dan Pencegahan Stunting yang kemudian bekerjasama dengan Baznas Pohuwatu untuk mendistribusikan kepada penerima. (rik)

banner 468x60