Pohuwato Jadi Tuan Rumah Lomba Kampung KB Tingkat Provinsi

WARTANESIA – Lomba Kampung Berkualitas Keluarga Berencana tingkat Provinsi Gorontalo, di Kampung KB Maju Berkarya, Desa Bulili, Kecamatan Duhiadaa, resmi dibuka Kamis (02/06/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati, Suharsi Igirisa, yang didampingi Asisten Administrasi Umum, Rusmiati Pakaya, Kepala Dinas DP3AP2KB, Hamkawaty Mbuinga, Ketua DWP Pohuwato, Suriyati Datau R Abdjul.

banner 468x60

Wabup Suharsi berharap penilaian Kampung KB di Desa Bulili, Kecamatan Duhiadaa dapat melahirkan anak-anak yang jauh dari stunting, serta keluarga yang berkualitas. Pencanangan kampung KB tersebut ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2016.

“kampung KB secara nasional dicanangkan di Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat, lalu kemudian ditindak lanjuti di seluruh Indonesia termasuk Kabupaten Pohuwato ini,” jelas Wabup.

Wabup Suharsi kemudian menjelaskan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk menyejahterahkan masyarakat melalui pengembangan program kependudukan, keluarga berencana, dan pembangunan keluarga.

Keberhasilan program KB sendiri menurut Wabup Suharsi, tidak hanya di tandai dengan banyaknya penggunaan alat kontrasepsi, tetapi yang jauh lebih penting adalah terjadinya perubahan cara pandang, mental, pola sikap dan perilaku individu atau masyarakat atau termasuk di dalamnya peserta didik.

“Perubahan mindset itu harus dilakukan melalui proses pendidikan baik melalui program persekolahan maupun program di luar sekolah serta program lainnya terrmasuk melalui kampung KB ini,” tutur Suharsi.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut Kepala BKKBN Provinsi Gorontalo yang diwakili Sekretaris, Efendy Korompot, Tim Pusat Penilai Lomba Kampung KB serta jajaran Pemerintah Kecamatan Duhiadaa dan Pemerintah Desa Bulili. (rik)

banner 468x60