Pemda Pohuwato Cairkan Rp 3,4 Milyar Siltap Perangkat Desa : Operasional dan Tunjangan Lainnya Sebelum Idul Adha

WARTANESIA – Kabar baik bagi Perangkat Desa se-Kabupaten Pohuwato. Pasalnya, Siltap (Pengahsilan Tetap) Bulan Mei untuk 101 desa se-Pohuwato, sudah dicairkan.

Sekretaris Daerah Pohuwato, Iskandar Datau mengatakan, Siltap seluruh perangkat desa se-Pohuwato Bulan Mei, sebesar kurang lebih 3,4 milyar Rupiah, sudah dicairkan.

banner 468x60

“Alhamdulillah, kalau kita bandingkan dengan daerah lain di Provinsi Gorontalo, itu bahkan belum ada. Kami di Pohuwato, meski sedikit terlambat, tetap setiap bulannya menjadi atensi pemerintah,” kata Iskandar, Selasa (11/6/2024).

Lebih jauh ia menjelaskan, tahun Pilkada menjadikan kondisi keuangan daerah sedkit mengalami perubahan, khususnya terkait belanja daerah dan kebutuhan lainnya, termasuk di dalamnya Siltap perangkat desa.

“Jadi, dalam rangka pemenuhan hibah Pilkada, cash flow kita menjadi sangat terbatas. Sehingga ada pemenuhan belanja lainnya, sedikit bergeser waktunya. Tidak ada kesengajaan untuk menunda. Hanya saja proses tahapan Pilkada sudah dimulai, sehingga harus dipenuhi,”jelas Iskandar.

Sementara itu, terkait keterlambatan pencairan operasional, tunjangan imam dan pemangku adat, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, Tety Alamri menyampaikan bahwa, proses pencairan akan dilakukan secepatnya.

“Inshaallah untuk operasional, tunjangan para imam dan pemangku adat itu akan diproses secepatnya, sebelum hari raya Idul Adha,” ujar Tety. (Lan)

banner 468x60