Hujan Deras, Sejumlah Rumah di Buntulia Terendam Banjir

WARTANESIA – Hampir seluruh wilayah di Kabupaten Pohuwato diguyur hujan lebat. Akibatnya banjir di sejumlah desa tak bisa dihindarkan, terutaman di Desa Karya Indah, Kabupaten Pohuwato, Sabtu (20/01/2024).

Kepala Desa Karya Indah, Odin Jumaati mengatakan, banjir tersebut diakibatkan bertambahnya debit air yang berada di saluran drainase, sehingga membuat saluran itu tak lagi sanggup menampung air.

banner 468x60

“Memang saluran sudah diperlebar tahun kemarin, tapi air yang dari belakang baik dari kebun-kebun itu banyak, sehingga saluran sudah full,” kata Odin saat dikonfirmasi.

Odin menambahkan, untuk keseluruhan kepala keluarga (KK) yang terkena dampak banjir sebanyak 86 KK dari kurang lebih 50 rumah. Kemudian kata Odin, untuk ketinggian air mencapai kurang lebih 1 meter.

“Di dusun Taludaa itu paling parah, mungkin kurang lebih 1 meter, kalau di dusun lain itu sampai di mata kaki orang dewasa,” lanjut Odin.

Namun saat ini, Odin mengatakan bahwa pihaknya (Pemdes) dan sejumlah warga sudah melakukan pembersihan pasca banjir.

“Sekarang sementara pembersihan,” tutupnya.

Terakhir, Odin berharap kepada pemerintah daerah untuk mengadakan pembangunan drainase sehingga saat hujan tiba masyarakat tak lagi dilanda oleh banjir.

“Harapan masyarakat melalui pemerintah desa, mereka berharap agar ada pembangunan drainase. Itu dari lokasi di kompleks SD sampai tembus di irigasi,” tandasnya. (rik)

banner 468x60