Sempat Viral Karena Emas, Pantai Alumbango Paguat Kini Mulai Sunyi

WARTANESIA – Pantai Alumbango, Desa Buhu Jaya, Kecamatan Paguat yang dulunya sempat viral karena penemuan emas, kini mulai terlihat sunyi.

Aktifitas masyarakat yang awalnya melakukan pertambangan secara tradisional di pantai tersebut, saat ini sudah mulai dihentikan.

banner 468x60

Hal itu dikarenakan kandungan emas yang dulunya sempat viral kini sudah tak terlihat lagi. Masyarakat telah menambang di lokasi tersebut sejak tanggal 17 September 2023.

Camat Paguat, Ikbal Mbuinga, mengungkapkan jika dirinya melihat secara langsung di Pantai Alumbango pada Sabtu (29/09), aktifitas pertambangan sudah tak ada lagi.

“Pada saat saya kunjungi lokasi penemuan emas tersebut, masyarakat yang kemarinnya ramai mendulang emas di pesisir pantai, saat saya kunjungi lagi sudah tidak ada yang melakukan aktivitas pendulangan emas,” tutur Ikbal, Senin (02/10/2023).

“Kemarin saya sudah kontrol dengan BPD dan Kepala Desa Buhu Jaya bahwa penyebab sudah tidak beraktivitas lagi karena sudah tidak ada kandungan emas,” lanjutnya.

Ikbal juga mengatakan jika pihaknya telah memberitahukan kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Sumitro Monoarfa, jika aktifitas pertambangan tersebut telah dihentikan.

“Saya juga sudah laporkan kepada Kepala Dinas DLH bahwa aktivitas tambang emas sudah beraktivitas lagi,” tandasnya. (rik)

banner 468x60