Musim Kemarau, Perumdam Tirta Moolango Pohuwato Imbau Warga Hemat Air

WARTANESIA – Guna memastikan ketersediaan air bersih bagi pelanggan, khusus di wilayah Kecamatan Marisa, Buntulia, Duhiadaa dan sebahagian Kecamatan Patilanggio, PERUMDAM (Perusahaan Umum Daerah Air Minum) Tirta Moolango Pohuwato, melakukan pengecekan sumber air di Kawasan Desa Hulawa, Kecamatan Buntulia, Senin (2/10/2023).

Peninjauan sekaligus pembersihan yang dilakukan menyikapi musim kemarau yang terjadi saat ini, di mana pasokan air bersih mulai mengalami penurunan volume.

banner 468x60

Direktur Perumdam Tirta Moolango Pohuwato, Khairudin Usman usai melakukan peninjauan sekaligus pembersihan sumber air mengatakan bahwa, ketersediaan pasokan air bersih kepada pelanggan dipastikan aman.

“Kalau dikatakan kering dan habis tidak mungkin, cuma memang perlu untuk diantisipasi karena debit air memang berkurang,” ungkapnya.

“Dengan debit air yang turun maka suplai dari tiga IPAL kita itu turun dari yang biasanya 36 liter per detik, sekarang tinggal 22 liter/detik. Dua  IPA lainya juga demikian yang biasanya 20 liter/detik sekarang tinggal 13liter/detik,” urainya menambahkan.

Sementara itu, untuk memenuhi pasokan air bersih di beberapa wilayah lainya, meliputi Kecamatan Lemito, Wanggarasi dan Popayato group kata Khairudin, pihaknya sudah menyediakan armada pengangkut air bersih di masing-masing wilayah tersebut.

“Kalau untuk wilayah lainya masing-masing ada Armada, Popayato, Lemito itu aman,” jelasnya.

Terakhir, pihaknya berharap pelanggan dapat menyikapi kondisi yang ada dengan cara menghemat penggunaan air bersih.

“Melihat kondisi yang ada, kami berharap, warga bisa menghemat air, menampung air, agar dapat digunakan saat-saat waktu kritis,” harap Khairudin. (Lan)

banner 468x60