Polda Gorontalo : Hari Senin Pembayaran Tali Asih Penambang Akan Dilanjutkan

WARTANESIA – Perusahaan tambang PT Merdeka Copper Gold akan kembali melanjutkan pembayaran Tali Asih kepada para penambang di Kabupaten Pohuwato, pada Senin, 25 September 2023.

Hal itu diungkapkan oleh Karo Ops Polda Gorontalo, Kombes. Pol. Tony E. Sinambela, saat menggelar apel pasukan BKO Polda Sulawesi Utara, di halaman Mapolres Pohuwato, Jum’at (22/09/2023).

banner 468x60

“Pemberian Tali Asih nanti akan dilanjutkan pada hari Senin, tanggal 25 September, bagi mereka-mereka masyarakat kita,” ungkap Tony.

Tony mengatakan, dari 2.500 proposal yang diajukan oleh penambang Pohuwato, hanya ada 623 proposal yang benar-benar memiliki lokasi. Hal tersebut terungkap setelah dibentuknya Satgas oleh Pemda Pohuwato.

“Dari 2.500 proposal yang diajukan oleh masyarakat penambang, ternyata berdasarkan Satgas yang dibentuk Bupati Pohuwato, hanya 623 yang benar melakukan aktifitasnya di lokasi,” lanjutnya.

“Berarti ada sekitar 1500 lebih yang tidak menerima,” papar Tony.

Lebih lanjut, kata Tony, mereka yang proposalnya ditolak setelah dilakukan verifikasi oleh Satgas, adalah yang menciptakan situasi tak kondusif di Kabupaten Pohuwato.

“Yang tidak menerima ini membuat suasana yang tidak baik. Oleh karenanya, mereka sebenarnya masyarakat kita juga, tetapi perlakuan mereka bukan untuk negosiasi. Tetapi langsung melakukan tindakan anarkis,” jelasnya.

Diketahui, dalam rangka memperkuat Kamtibmas di Kabupaten Pohuwato, Polda Gorontalo mendatangkan pasukan BKO Polda Sulut sebanyak 200 personel. Sehingha saat ini total pasukan pengamanan di Kabupaten Pohuwato berjumlah 1.329 personel. (rik)

banner 468x60