Jelang Pemilu, Bawaslu Pohuwato Mantapkan Kesiapan Panwascam

WARTANESIA – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pohuwato, menggelar Fasilitasi dan Pembinaan Penyelesaian Sengketa, Rabu (20/09/2023).

Kegiatan yang dilaksanakan di Marina Beach Resort (MBR) tersebut dikhususkan bagi Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Pohuwato pada tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

banner 468x60

Kegiatan tersebut akan berlangsung selama 2 (dua) hari, sejak 20-21 September 2023 dan dibuka langsung oleh Anggota Bawaslu Provinsi Gorontalo, Amin Abdullah.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Bawaslu Pohuwato, Yolanda Harun, Koordinator Divisi P3S, Munawar, Koordinator Sekretariat Bawaslu, Rahmat Mantau, serta para peserta dari Panwascam se-Pohuwato.

Ketua Bawaslu Pohuwato, Yolanda Harun, mengatakan kegiatan tersebut sudah direncanakan sejak kepemimpinan sebelumnya dan baru terlaksana pada kepemimpinannya.

“Kegiatan ini memang sudah direncanakan oleh komisioner sebelumnya, namun karena sesuatu dan lain hal sehingga baru bisa dilaksanakan pada hari ini,” jelas Yolanda dalam sambutannya.

Lebih lanjut, kata Yolanda, salah satu tugas dan wewenang Bawaslu adalah kewenangan dalam menyelesaikan sengketa dan menyampaikan informasi terkait dengan Pemilu.

“Berdasarkan prinsip ini, kita di Bawaslu yang pertama kita lalui adalah proses pencegahan. Kalaupun pencegahan ini tidak dapat berjalan dengan baik, maka akan ada proses penindakan, penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa,” lanjutnya.

Dalam penyelesaian sengketa, Bawaslu Pohuwato masih harus melaksanakan mediasi. Usai dilaksanakan mediasi, Bawaslu akan melaksanakan ajudikasi dalam upaya penyelesaian sengketa. (rik)

banner 468x60