435 Pantarlih Siap Lakukan Pencocokan dan Penelitian Data Pemilih di Pohuwato

WARTANESIA – Sebanyak 435 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) se-Kabupaten Pohuwato mengikuti Pelantikan dan Apel Kesiapan Pantarlih pada Pemilu serentak Tahun 2024, Minggu (12/02/2023).

Pelantikan dan apel kesiapan Pantarlih digelar serentak di 13 kecamatan se-Pohuwato. Pantarlih dilantik serta diambil sumpah/janji oleh Ketua Panitia Pemungutan Suara masing-masing desa atas nama Ketua KPU Kabupaten Pohuwato.

banner 468x60

Pantarlih yang telah dilantik selanjutnya akan melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih di wilayah kerjanya masing-masing dengan cara mendatangi secara langsung.

“Coklit adalah salah satu kegiatan dalam tahapan Pemutakhiran Data Pemilih, yg bertujuan untuk memutakhirkan kembali Data Pemilih hasil sinkronisasi Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) dengan Data Pemilih Tetap terakhir yang dimutakhirkan secara berkelanjutan,” jelas Firman Ikhwan, selaku Komisioner KPU Divisi Perencanaan Data dan Informasi.

Pelaksanaan Coklit sendiri, kata Firman, bersifat strategis dan krusial, karena merupakan sarana bagi Pemilih untuk mengakses data dirinya apakah sudah terdaftar sebagai pemilih, datanya sesuai dalam daftar pemilih dan akurat sesuai E-KTPnya.

“Hasil coklit mencerminkan jaminan akses pemilih terhadap hak pilihnya dalam Pemilu. Oleh karena itu, KPU Kabupaten Pohuwato menaruh harapan besar agar Pantarlih bekerja sesuai pedoman yang telah diberikan, dan memastikan agar Pemilih terdaftar dalam Daftar Pemilih,” pungkas Firman.

Diketahui, Pelaksanaan Coklit untuk Pemilu Tahun 2024 oleh Pantarlih ini dilaksanakan mulai tanggal 12 Februari hingga 14 Maret 2023 di seluruh Indonesia. Bagi rumah yang sudah dicoklit akan ditandai dengan penempelan stiker tanda bukti telah dicoklit. (rik)

banner 468x60