dr. Yana: Penerima Vaksin Covid akan Disuntik 2 Kali

WARTANESIA – Kabupaten Pohuwato adalah salah satu dari tiga daerah di Provinsi Gorontalo, yang mendapat pendistribusian vaksin Covid-19 (Sinovac) tahap kedua. Rencananya, pelaksanaan vaksinasi akan dilakukan di awal Februari nanti.

Hal ini di sampaikan Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Gorontalo dr. Yana Yanti Suleman, saat diwawancarai awak media usai prosesi penyerahan Vaksin Covid-19, di kantor Dinas Kesahatan Pohuwato, Kamis (28/1/2021).

banner 468x60

“Tiga daerah terakhir yang menerima vaksin itu adalah Kabupaten Gorontalo Utara, Kabupaten Boalemo, dan Kabupaten Pohuwato. Ketiga Kabupaten ini nantinya akan melakukan proses vaksninasi pada tanggal 1 Februari, di Kabupaten Pohuwato, tanggal 2 Februaru di Kabupaten Gorontalo Utara, dan tanggal 3 di Kabupaten Boalemo”. Terang Yana.

Yana berharap, sasaran vaksinasi pertama kepada tenaga kesehatan (Nakes) yang sudah ditetapkan sebagai prioritas, dapat segera berpartisipasi di bawah arahan satuan kerja masing-masing (Dinas Kesehatan).

“Sebanyak 2.320 vial atau dosis Vaksin Covid-19 yang tiba di Pohuwato ini akan di prioritaskan pada nakes dan Forkopimda. Fi mana masing-masing akan mendapatkan dua kali suntikan, dengan selang waktu 14 hari setelah pemberian vaksin pertama,” katanya.

“Jadi, 14 hari pasca pemberian vaksin pertama, imun penerima vaksin akan turun, sehingga perlu adanya pemberian vaksin kedua yang akan menjadi boster imun bagi si penerima vaksin tersebut,” tutup dr. Yana. (Yoga)

banner 468x60