PPKM Mikro Diberlakukan, Warga Mau Masuk Pohuwato Wajib Swab Test

WARTANESIA – Dalam rangka mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19, Pemerintah Kabupaten Pohuwato melakukan swab test terhadap penumpang kapal di Pelabuhan Fery Marisa.

Pelaksanaan swab test ini pun ditinjau oleh Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, bersama Kapolres Pohuwato, Dandim 1313 Pohuwato, Anggota DPRD dari Fraksi Golkar, Isna Mbuinga, serta sejumlah pejabat di lingkungan pemerintah daerah, pada Rabu (14/7/2021).

banner 468x60

Bupati Saipul Mbuinga mengatakan, kunjungan ke Pelabuhan Fery Marisa yang berada di Kecamatan Paguat, sudah dijadwalkan. “Agenda ini sudah dijadwalkan dan juga sudah dilaporkan ke Pak Gubernur, dan mendapat apresiasi atas langkah-langkah dari forkopimda untuk pemberlakuan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) bersakala mikro di Pohuwato,” kata Saipul.

“Dikhawatirkan jangan sampai ada lonjakan-lonjakan, karena penumpang ini dari pulau-pulau yang ada di Provinsi Sulawesi Tengah berupa Togean,  Ampana, serta Dolong.  Ya kni potensi untuk bisa ada penularan sangat besar. Dan setelah dilakukan swab, ada satu orang dinyatakan positif dan penumpangnya berasal dari Telaga, Kabupaten Gorontalo,” jelasnya lagi.

Alhasil, bagi warga yang dinyatakan positif Covid, pemerintah telah menyiapkan lokasi khusus isolasi terpusat, yakni eks Puskesmas Kecamatan Paguat, Marisa, Lemito, dan Popayato Timur. “Swab ini kita mulai dari pelanbuhan dan rutin disetiap kedatangan kapal dalam satu minggu dua jadwal kapal masuk,” kata Saipul.

“Pak Gubernur Rusli Habibie juga tidak menginginkan ada masyarakat yang dinyatakan positif, lantas masih kita perbolehkan isolasi mandiri, karena berpengurh pada sanak saudara dan sekitarnya, sehingga itu kita sudah siapkan isolasi terpusat,” tutup Bupati. (wan)

banner 468x60