Bupati Pohuwato: Lulusan Sekolah dan Perguruan Tinggi, Harus Punya Softskill dan Hardskill

WARTANESIA – Banyaknya lulusan sekolah maupun perguruan tinggi yang membutuhkan pekerjaan, menjadi tantangan berat bagi masyarakat, untuk bersaing di dunia kerja, terlebih ditengah kondisi ketersedian lapangan kerja yang minim seperti saat ini.

Hal ini menjadi penyampaian Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, dalam sambutannya saat membuka Pelatihan Berbasis Kompetensi Program Pendidikan dan Pelatihan Vokasi,di Aula Universitas Pohuwato (UNIPO), Jum’at (12/3/2021).

banner 468x60

Menurut Saipul, hal ini akan lebih diperparah jika para angkatan kerja yang merupakan lulusan sekolah dan perguruan tonggi ini, tidak memiliki kempampuan kerja, atau skil yang dibutuhkan oleh sebuah perusahaan dalam bidang atau posisi tertentu.

“Hal ini tentu menjadi masalah besar, apabila mereka tidak memiliki softskill, dan hardskill yang di butuhkan oleh perusahaan maupun instansi,” ujar Saipul.

Kata dia, program kegiatan serupa adalah upaya membekali lulusan-lulusan Sekolah maupun Perguruan tinggi, agar siap terjun dalam dunia kerja yang syarat dengan persaingan, serta salah satu upaya menekan angka pengangguran yang kian membengkak, akibat dari angka kelulusan yang tidak berbanding lurus dengan ketersediaan lapangan kerja.

“Pelatihan keterampilan berbasis kompetensi adalah salah satu solusi, untuk menciptakan sumber daya manusia yang siap menghadapi dunia kerja, dan mampu mengurangi pengangguran,” tambahnya. (Yo)

banner 468x60