Rawan Pohon Tumbang di Musim Penghujan, BPBD Imbau Warga Waspada

WARTANESIA – Selain banjir, hujan lebat yang mengguyur wilayah Kabupaten Pohuwato pada Rabu (10/8/2024), menyebabkan pohon tumbang di sejumlah titik. Salah satunya di ruas Jalan Trans Sulawesi, Desa Palopo, Kecamatan Marisa.

Pohon tumbang di ruas jalan kawasan Cagar Alam Panua ini menyebabkan kemacetan lalu lintas dari kedua arah hingga sepanjang 3 kilo meter, selama kurang lebih 1 jam.

banner 468x60

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang turun ke lokasi langsung melakukan pembersihan material pohon yang melintang menutupi jalan.

“Alhamdulillah sudah dibersihkan dan sekarang sudah bisa dilewati,” ungkap Kepala BPBD Pohuwato, Abdul Muthalib Dunggio kepada wartanesia.id.

Ia mengakui, sejauh ini BPBD Pohuwato telah menerima banyak informasi adanya pohon tumbang di sejumlah titik. Salah satunya di kawasan Block Plan Perkantoran Marisa.

“Harus diakui bahwa, hujan lebat seperti saat ini, selain banjir, juga rawan pohon tumbang. Sudah banyak info yang masuk ke kita, salah satunya di kawasan Block Plan Perkantoran Marisa. Tim sementara persiapan menuju ke sana,” kata Abdul.

“Keterbatasan fasilitas jadi kendala di kami. Contoh, alat potong, kami berharap DLH mungkin bisa membantu,” harapnya.

Terakhir, Abdul Muthalib berharap, masyarakat senantiasa waspada terhadap bencana, imbas cuaca yang terjadi akhir-akhir ini.

“Melalui kesempatan ini, kami menghimbau masyarakat, untuk waspada. Jika berkendara, mungkin bisa memperhatikan kondisi sekitar yang rawan longsor atau pohon tumbang, demikian juga yang tinggal di bantaran sungai dan perbukitan, segera informasi ke pemerintah setempat jika terjadi sesuatu,” pintanya. (Lan)

banner 468x60