Sikapi Cuaca Ekstrim, Rizal Pasuma Himbau Warga Waspada Bencana

WARTANESIA – Ketua Komisi II DPRD Pohuwato, Rizal Pasuma, menghimbau warga untuk mewaspadai bencana dengan memperhatikan kondisi cuaca ekstrim yang terjadi akhir-akhir ini.

Himbauan ini disampaikan Rizal, pada Rabu (19/6/2024), saat turun ke lokasi pencarian korban hanyut di Sungai Popayato, Kecamatan Popayato.

banner 468x60

“Dengan kejadian ini, kami tidak henti-hentinya menghimbau kepada seluruh masyarakat, tidak hanya di Popayato, tapi seluruh warga Pohuwato, untuk selalu waspada dan berhati-hati jika melakukan aktivitas di luar rumah. Apa lagi cuaca akhir-akhir ini kurang bersahabat. Hujan disertai angin kencang dan juga petir,” kata Rizal.

Tidak hanya itu, keaktifan masyarakat dalam hal komunikasi bersama unsur pemerintah, juga diharapkan dapat dimaksimalkan.

“Selain waspada, kami mengajak masyarakat, aktif melakukan komunikasi dengan pemerintah mulai dari tingkat desa, kecamatan, hingga jajaran aparat kepolisian dan TNI di wilayah masing-masing. Jika melihat potensi bahaya atau keadaan darurat, segera melapor,” pintanya.

“Yang beraktivitas di bantaran sungai, hingga laut khususnya nelayan, kalau bisa memperhatikan cuaca. Jangan ambil resiko dan memaksakan diri jika cuaca buruk,” tambahnya.

Terakhir, dia berharap, proses pencarian korban hanyut  di Kecamatan Popayato oleh tim gabungan, segera membuahkan hasil.

“Ya tak henti-hentinya kami mendoakan dan berharap, korban anak tenggelam yang hingga saat ini masih dalam proses pencarian, bisa segera ditemukan. Kepada keluarga korban, semoga diberi ketabahan dalam menghadapi musibah ini,” ucap Rizal Pasuma. (Lan)

banner 468x60