Soal Proyek Kandang Ayam, Itda Pohuwato Bakal Periksa Pemdes Karya Baru

WARTANESIA – Inspektorat Daerah (Itda) Kabupaten Pohuwato bakal melakukan pemeriksaan terkait dugaan korupsi proyek pembangunan kandang ayam di Desa Karya Baru Kecamatan Dengilo.

Ini disampaikan oleh Kepala Itda Pohuwato, Muslimin Nento. Menurutnya, Itda telah melakukan permintaan data dari instansi terkait seperti PMD dan pemerintah kecamatan.

banner 468x60

“Kita sudah melakukan pemeriksaan, pertama lewat data-data yang kita dapat dari media, yang kedua kita juga sudah koordinasi dengan pemerintah kecamatan. Namun dalm hal ini, kita butuh data dan informasi lebih dari kecamatan, apakah desa itu sudah dilakukan pemeriksaan oleh kecamatan atau seperti apa,” terang Muslimin, Sabtu (23/12/2023).

Berdasarkan kewenangan Itda jelas dia, ada 2 mekanisme pemeriksaan yang dapat dilakukan pemerintah melalui Itda.

“Yang pertama itu pemeriksaan regular. Setiap tahun kita lakukan. Terkait Desa Karya Baru, itu kan masih tahun pekerjaan. Kedua, pemeriksaan khusus, itu kita lakukan berdasarkan laporan atau aduan warga, setelah itu kita butuh SPT (Surat Perintah Tugas) dari Bupati,” ungkapnya.

“Jika sedianya kita misal melakukan pemeriksaan itu di Bulan Maret 2024 tapi kalau SPT Bupati harus segera, maka kita akan turun secepatnya,” tegasnya. (Lan)

banner 468x60