Di Bulangita, Nasir Giasi Disuguhi ‘Hunda’

WARTANESIA – Usai menyerahkan buku nikah kepada 58 pasangan suami-istri (pasutri), Ketua Forum PUSPA Pohuwato, Nasir Giasi mendapat hidangan khusus dari masyarakat setempat.

Hidangan tersebut berupa Buah Teratai, atau yang lebih dikenal di Gorontalo dengan sebutan buah ‘Hunda’.

banner 468x60

Seolah teringat masa lalunya, Nasir mengaku jika Hunda merupakan makanan favoritnya ketika pulang dari Sekolah Menengah Atas (SMA).

“Ini adalah makanan saya waktu pulang sekolah dulu sewaktu SMA,” tutur Nasir kepada awak media Wartanesia.id, Jumat (01/09/2023).

Dilansir dari Wikipedia, Buah Teratai atau kacang Teratai adalah biji tanaman dalam genus Nelumbo (Bunga Teratai), khususnya spesies Nelumbo nucifera.

Benih digunakan dalam masakan Asia dan obat tradisional. Sebagian besar dijual dalam bentuk kering dan dikupas, bijinya kaya akan protein, vitamin B, dan mineral makanan.

Manfaat dari Buah Teratai dipercaya ampuh digunakan untuk mengatasi masalah perut seperti diare, mual dan gangguan pencernaan lainnya. 

Hal itu dikarenakan adanya vitamin dan mineral penting dalam kandungan biji Teratai yang dapat mencegah dan mengatasi masalah pada perut. (rik)

banner 468x60