KPU Pohuwato Terima Berkas Pendaftaran SIAP

WARTANESIA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato, menerima dokumen persyaratan pencalonan dan dokumen persyaratan calon pasangan Siapul Mbuinga dan Iwan Adam (SIAP), Selasa (27/08/2024).

Penyerahan dokumen yang berlangsung di Sekretariat KPU Kabupaten Pohuwato itu diterima langsung oleh Ketua KPU, Firman Ikhwan yang didampingi oleh anggota lainnya.

banner 468x60

Namun yang menarik pada proses pendaftaran, Bacalon disambut dengan prosesi adat. Ketua KPU, Firman Ikhwan mengatakan, penyambutan secara adat ini sengaja dilakukan, yang dimaksudkan untuk menyambut calon pemimpin.

Bahkan kata Firman, prosesi adat ini akan diberlakukan kepada siapa saja Bacalon yang akan mendaftar.

“Karna kami menganggap bahwa, Gorontalo adalah salah satu wilayah di Indonesia yang hukum adatnya masih berlaku. Jadi, alangkah lebih baik dan Afdhal rasanya di sambut secara adat. Ini juga akan di perlakukan untuk semua bakal calon,” ungkap Firman.

Ia menyampaikan, pendaftaran Calon Kepala Daerah (Cakada) ini akan berlangsung selama 3 hari kedepan. Namun kata Firman, tidak menutup kemungkinan pendaftaran akan diperpanjang apabila pendaftar hanya satu paket.

“Kami masih tetap menunggu sampai dengan tanggal 29 Agustus pukul 23:59. Apabila hanya 1 pendaftar, kemungkin akan diperpanjang sampai 3 hari lagi,” tutupnya. (Fan)

banner 468x60