Hujan 8 Jam, Lima Kecamatan di Kabupaten Gorontalo Diterjang Banjir, Terparah di Biluhu

WARTANESIA – Akibat hujan deras selama 8 jam, Lima kecamatan di Kabupaten Gorontalo diterjang banjir pada Rabu (26/6/2024). Kelima Kecamatan tersebut yakni Biluhu, Pulubala, Tibawa, Limboto Barat dan Bongomeme.

Kepala Bada Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabgor, Udin M.N Pango mengatakan, banjir terparah terjadi di Kecamatan Biluhu. Di mana ketinggian air dilaporkan mencapai 1 meter.

banner 468x60

“Dari Lima kecamatan ini yang terparah di Biluhu, ketinggian air mencapai Satu meter. Tapi sekarang airnya sudah mulai surut,” kata Udin.

Meski tidak menyebut secara rinci jumlah warga terdampak, namun saat ini kata dia, pihak Pemerintah Kabgor tengah melakukan upaya penanganan terhadap warga terdampak banjir.

“Untuk data jumlah warga terdampak itu belum masuk ke kita berapa totalnya. Namun begitu, saat ini kami bersama Pak Wabup dan Asisten III, berada di Biluhu, melakukan peninjauan,” terangnya.

“Kami akan bangun posko dan dapur umum di sini (Biluhu), berkoordinasi dengan Dinas Sosial. Selain makanan, bantuan lainnya juga akan dikerahkan ke titik-titik banjir di Lima kecamatan yang ada,” sambungnya.

Adapun banjir yang melanda Lima kecamatan jelas Udin, selain diakibatkan curah hujan, juga disebabkan luapan air sungai.

“Jadi sela=in hujan selama Delapan jam, banjir terjadi karena luapan air sungai yang berada di beberapa kecamatan. Kami menghimbau warga untuk selalu waspada bencana yang sewaktu-waktu terjadi. Segera laporkan jika terjadi bencana,” harap Udin. (Lan)

banner 468x60