KPU Pohuwato Lantik 440 Pantarlih, Ini Tugasnya

WARTANESIA Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pohuwato melantik dan mengambil sumpah/janji 440 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) di seluruh Wilayah Kabupaten Pohuwato yang digelar secara serentak pada apel Akbar Coklit Pilkada Serentak 2024, Senin, (24/06/2024).

Pantarlih yang akan memutakhirkan data pemilih untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Gorontalo, Bupati dan Wakil Bupati Pohuwato Tahun 2024 ini, dilantik dan diambil Sumpah/Janji oleh Ketua Panitia Pemungutan Suara masing-masing desa atas nama Ketua KPU Kabupaten Pohuwato.

banner 468x60

Dalam kesempatan itu, Plt. Sekretaris KPU Provinsi Gorontalo R. Suryanto bersama Ketua KPU Pohuwato Firman Ikhwan, Anggota KPU Pohuwato Dian Fadjriyanti Pakaya, Iskandar Ibrahim, Iwan Dolongseda, Usman Dunda, dan Sekretaris KPU Pohuwato Silvani Polapa yang menjadi Pembina Apel Akbar Coklit mengucapkan selamat kepada Pantarlih yang telah dilantik.

“Selamat, kami berharap dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab, dapat menjunjung tinggi prinsip netralitas dan independen, bekerja sesuai prosedur sebagaimana diatur dalam ketentuan coklit serta melakukan kunjungan ke semua rumah untuk memastikan bahwa setiap warga negara yang memiliki hak untuk memilih dimasukkan dalam daftar pemilih,” ungkap mereka.

Diketahui, Pantarlih mempunyai peran penting dan strategis dalam memastikan Data Pemilih yang akurat yang akan digunakan pada Pilkada serentak Tahun 2024. Dari hasil coklit oleh Pantarlih, menjadi bahan penyusunan daftar pemilih yang komprehensif, akurat, valid, dan mutakhir.

Selain kegiatan pelantikan dan Apel Kesiapan Pantarlih, dilaksanakan pula Bimtek Pantarlih untuk Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih, serta Pencocokan dan Penelitian (coklit) yang merupakan kegiatan serentak yang dilaksanakan oleh satker KPU di seluruh Indonesia.

Pelaksanaan Coklit untuk Pilkada Tahun 2024 oleh Pantarlih ini dilaksanakan mulai tanggal 24 Juni sd. 25 Juli 2024 di seluruh Indonesia. Bagi rumah yang sudah dicoklit akan ditandai dengan penempelan stiker tanda bukti telah dicoklit. (Wn)

banner 468x60