Dinilai Tak Jujur, ARM Datangi PT. Pets

WARTANESIA – Aliansi Rakyat Menggugat (ARM) mendatangi Kantor PT. Emas Tani Sejahtera (Pets) pada Rabu (12/6/2024). Kedatangan Ampera kali ini tidak lain menyoroti terkait perekrutan tenaga kerja di perusahaan itu.

Tidak hanya Pets, untuk memintakan penjelasan ihwal open recruitment tersebut, mereka juga menyambangi Dinas Tenaga Kerja dan Ttansmigrasi Pohuwato.

banner 468x60

“Kemarin saya didatangi kurang lebih 70 tenaga kerja lokal yang telah dirumahkan, mereka mengeluh terkait sulitnya mendapatkan pekerjaan, bahkan sampai saat ini tenaga kerja yang dirumahkan tidak dipanggil kembali,” ujar Koordinator Aliansi Rakyat Menggugat Rizal Ladiku.

Menurutnya, dalam proses penerimaan tenaga kerja, perusahaan tidak benar-benar terbuka dan jujur ke publik.

“Kan selama ini perusahaan sering menggembar-gemborkan tenaga kerja lokal mencapai angka Delapan puluh persen bekerja di perusahaan pertambangan Pani Gold Project,  justru  malah sebaliknya,” kata Rizal.

Keterbukaan dimaksud kata dia, harus  sesuai amanat undang-undang nomor 14 tahun 2008, tentang keterbukaan infomasi publik.

“Disitulah kita bisa mengecek apakah benar perusahaan memprioritaskan tenaga kerja lokal atau tidak. Kalau memang tenaga kerja lokal belum memiliki keahlian, seharusnya perusahaan mendatangkan fasilitator yang ahli di bidangnya untuk melatih tenaga kerja lokal, seperti apa yang disampaikan perusahaan sebelum masuk ke Pohuwato, agar supaya tenaga kerja lokal mendapatkan kesempatan kerja dan jenjang karir di perusahaan, dan mampu meningkatkan SDM agar berdaya saing tinggi, bukan malah memprioritaskan tenaga kerja non lokal,” tegasnya.

Terakhir, Rizal meminta kepada pihak perusahaan, dapat memberikan informasi secara terbuka terkait penerimaan karyawan.

“Kami minta, dalam kurun waktu Dua minggu ke depan, perusahaan bisa secara terbuka memberikan akses informasi penyerapan tenaga kerja lokal yang bekerja diperusahaan,” pintanya tegas. (Rls)

banner 468x60